PROTOTYPE E-MODUL: MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERNUANSA ISLAMI DAN LINGKUNGAN PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14979Keywords:
E-Modul, Realistic Mathematics Education, Islami, Lingkungan, Koordinat KartesiusAbstract
Pelaksanaan penelitian ditujukan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk modul elektronik berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang bernuansa islami dan lingkungan pada materi koordinat kartesius. Pengembangan e-modul dilaksanakan untuk mengetahui kelayakan produk, kemenarikan produk, dan keefektifan produk yang dirancang sebagai media pembelajaran untuk peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (R & D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan peserta didik kelas VIII MTs yang dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok kecil sebanyak 26 peserta didik dan kelompok besar sebanyak 56 peserta didik. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 3,56, selanjutnya hasil validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar 3,50. Hasil validasi ahli agama pada e-modul ini mendapatkan nilai sebesar 3,50, adapun hasil implementasi pada kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 3,46 sementara pada kelompok besar mendapatkan hasil sebesar 3,27. Uji efektivitas menggunakan effect size mendapatkan hasil sebesar 0,67 dengan kategori “sedang”.References
Benitha, A., & Novaliyosi, N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Materi Aljabar Untuk Siswa Kelas Vii Smp/Mts. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(2), 279–286. https://doi.org/10.46306/lb.v3i2.121
Cahyani, N. P. M., Dantes, N., & Ratih, N. W. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 362–370.
Diah Pramesti, S. L., & Oktalia, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3922
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Ilyas, M. (2015). Metodologi Pendidikan Matematika. In Pustaka Ramadhan. Pustaka Ramadhan.
Lestari, Y. N., Swistoro, E., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Problem Solving Fisika Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 121–128.
Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817
Makki, I., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Duta Media.
Mukhalis. (2014). Penerapan Pendekatan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik SMP Di Makasar. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 170–181.
Nurhamdiah, Maimunah, & Roza, Y. (2020). Praktikalitas Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Nilai Islam Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Pengembangan Karakter Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Nurhasanah, F., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2022). Pengembangan E-Modul Materi Barisan Dan Deret Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 104–117. https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.9320
Rahmawati, H., Karim, & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP/MTS. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 2(3), 20–30.
Sabila, S., Putri, V. R. S., & Arrsyi, E. N. (2022). Penilaian E-Modul Interaktif Berbasis Sigil Software Pada Materi Pola Draping Rok. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana Dan Boga, 10(2).
Sari, Y. M., Khaidir, C., & Maris, I. M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Yang Berintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk Peserta didik Kelas VIII SMP N 5 Batipuh. Proceeding IAIN Batusangkar, 3(2).
Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1516–1525.
Untarti, R., & Sayidan, A. F. (2022). Koneksi Matematis Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Math - UMD.EDU, 9(3).
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147–156.
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.