ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN MATERI ALJABAR KELAS VII DI SMPN 1 SUMBERPUCUNG
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14586Keywords:
Kesalahan, soal pecahan, aljabar, tahapan kastolanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pecahan dalam materi aljabar menurut tahapan Kastolan. Hasil obervasi peserta didik pada kelas VII H dalam penilaian ujian tengah semester di mata pelajaran matematika menunjukkan peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 16% peserta didik dan yang belum mencapai KKM sebanyak 84%. Kesalahan yang dilakukan peserta didik terjadi saat mengerjakan soal harian maupun ulangan. Pengklasifikasian kesalahan peserta didik menggunakan tahapan kesalahan Kastolan ada 3 yaitu: kesalahan koseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dan analisis penelitian ini berupa tes menyelesaikan soal pecahan materi aljabar, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu dengan metode pemilihan subjek secara sengaja untuk mendapatkan sampel 3 peserta didik kelas VIIH, dengan ketentuan kategori peserta didik berkemampuan tinggi, berkemampuan sedang dan berkemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan konseptual terdapat 13 kasus atau 26% dari keseluruhan, pada kesalahan prosedural ini terdapat 18 kasus atau 36% dari keseluruhan, pada kesalahan teknikal terdapat 19 kasus atau 38% dari keseluruhan. Kesalahan yang paling banyak dilakukan perseta didik adalah kesalahan teknikal yaitu 38%. Kesalahan konseptual karena tidak menuliskan metode, kesalahan prosedural karena tidak mengetahui langkah-langkah untuk menyelesaikan soal, kesalahan teknikal karena salah dalam operasi hitung dan kurang teliti maka masih banyak kesalahan berdasarkan tahapan Kastolan dalam menyelesaikan materi aljabar. Saran untuk lebih banyak mencari referensi atau sumber penelitian yang mendukung dalam penelitian.References
Afdila, N. fajriyanti, Roza, Y., & Maimunah. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. Letters of Mathematics Education, 5(01), 65–72. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660
Aini, Q. (2019). Identifikasi Kemampuan Metakognisi Siswa SD dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Disposisi Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 97. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.688
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012. Departemen Pendidikan Nasional. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kusumaningtyas, S. I., Juniati, D., & Lukito, A. (2017). Pemecahan Masalah Generalisasi Pola Siswa Kelas VII SMP Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independendt Dan Field. 8(1), 76–84.
Lenterawati, B. S., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi Vol.II, 2(6), 471–482.
Lutfia, L., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan Dan Pemberian Scaffolding Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 01(03), 396–404.
Maryati, I., Suzana, Y., Harefa, D., & Maulana, I. T. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. 11(1), 210–220.
Mauliandri, R., & Kartini. (2020). Analisis Kesalahan Siswa menurut Kastolan dalam Pada Siswa SMP. 09(2), 107–123.
Natsir, N., Tandiayuk, M. B., & Karniman, T. S. (2016). Profil Kesalahan Konseptual dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan di Kelas VII SMP 1 Siniu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 440–453.
Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar pada Siswa SMP Kelas VII. 01(02), 323–334.
Puspasari, G. H. L., Anggraeni, L. P., Al-Farizqi, M. A. S., Febriani, N. S., Juliana, S., & Fuadin, A. (2023). Peran Aljabar di Kalangan Pedagang. 2(1).
Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Kastolan. 3(1), 77–100.
Rodiah, S., & Triyana, V. A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX Mts pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. 3(April), 1–8.
Sahriah, S., Muksar, M., & Lestari, T. E. (2012). Analisis Kesalaahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(1), 1–10.
Salsabilah, E. Y., & Nugraheni, L. (2022). Analisis Kesalahan Siswa berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 405–414.
Sitinjak, A. D., & Surya, E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Aljabar. December, 0–10.
Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemecahan Masalah Matematika. 123–130.
Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pemecahan Masalah berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis. 3(1), 71–83.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.