EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, EXTENDING, REVIEW (CER) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v16i1.14014Keywords:
Effectiveness, learning model, mathematical critical thinking, CERAbstract
Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran Connecting, Extending, Review (CER) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi experiment desain nonequivalent control group desaign dengan populasi seluruh siswa kelas XI MIPA MA As’adiyah Mattirowalie Kabupaten Bone dan sampel terdiri dari kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 2 ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan yaitu tes soal kemampuan berpikir kritis, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktifitas siswa dan angket respons siswa. Tes kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan tahap pre-test dan post-test, baik pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata untuk hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 40,68 dan 82,95. Sedangkan nilai rata-rata untuk hasil pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 40,91 dan 72,50. Pengolahan data dianalisis menggunakan alat bantu SPSS dengan uji Mann-Whitney pada α (0,05) diperoleh nilai Asymp.sig (2-tailed) post-test < 0,05 yaitu sebesar 0,000 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Connecting, Extending. Review (CER) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Selanjutnya diperoleh hasil uji effect size sebesar 1,12 yang artinya termasuk dalam kategori besar, rata-rata hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,98% (Kategori Sangat Baik) dan rata-rata hasil analisis aktivitas siswa sebesar 96,02% (Kategori Sangat Baik), serta persentase respons siswa terhadap model pembelajaran CER diperoleh hasil sebesar 82,09% (Kategori Sangat Efektif). Berdasakan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting, Extending. Review (CER) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas XI MIPA MA As’adiyah Mattirowalie Kabupaten Bone.References
Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/233
Anderha, R. R., Maskar, S., & Indonesia, U. T. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/774
Asfar, A. I. T., Ahmad, M. A., & Gani, H. A. (2021). Model Pembelajaran Connecting, Extending, Review: Tiga Fase Efektif Optimalkan Kemampuan Penalaran. Media Sains Indonesia.
Benyamin, Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 05(02), 909–922.
Djawa, Y. L., Taunu, E. S. H., Wulandari, M. R., Nuhamara, Y. T. I., Bima, S. A., & Ndakularak, I. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Himpunan. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 116-122. https://doi.org/10.37478 /jpm.v3i1.1483
Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., & Nimah, K. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir gregorc. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2), 96–107. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/1734
Friscillia, N., Prihatiningtyas, N. C., & Nurhayati, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Conecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 63. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2364
Hariananda, D. A., Zainuddin, & S, N. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Perbedaan Gender. JuMlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 8(1), 15–29.
Hasibuan, N. A. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team-Assisted Individualization) Terhadap kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Mathematic Education Journal (MathEdu), 2(1), 33–41. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 82–90. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/611
Maulidah, E., Syaf, A. H., Rachmawati, T. K., & Sugilar, H. (2020). Berpikir kritis matematis dengan kahoot. Jurnal Analisa, 6(1), 19–27. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8516
Muhammad, A. T. I., Muhammad, A. A., & Gani Abdul Hansu. (2021). Model Pembelajaran Conection, Extanding,Review Tiga Fase Efektif Optimalkan Kemampuan Penalaran (R. R. Rerung (ed.)). Media Sains indonesia.
Nasruddin, N., Mashuri, S. & Nafiah, U. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mattematika pada Materi Segitiga Melalui Pendekatan Penemuan Terbimbing SMP. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan : e-Saintika. 4 (2). 80-94.
Nursyam, A. (2021). Android-Based MyMath Learning Media Development on Two Variable Linear Equation System Materials SMP/MTsN. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 3(2), 204–216. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.
OECD. 2019. Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 Result: Combined Executive Summaries, Volume I, II & III, https://www.oecd.org/pisa/ Combined_Executive_ Summaries_PISA_2018.pdf. Diakses pada tanggal 29 Mei 2023.
Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi : PowerMathEdu, 01(01), 83–92. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php /powermathedu /article/view/08_pmev1n1
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Viii Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Purnaningsih, I., & Zulkarnaen, R. (2022). Identifikasi faktor penyebab kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas viii. Teorema: Teori dan Riset Matematika,7(2), 291–302. DOI:http://dx.doi.org/10.25157/ teorema.v7i2.7185
Sari, A. (2023). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Regresi Linier Berdasarkan Tingkat Adversity Quotient. JTMT: Journal Tadris Matematika, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.47435 /jtmt.v4i1.1692
Setiana, D. S., Nuryadi, N., & Santosa, R. H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Aspek Overview. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 1. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6483
Umam, K., & Azhar, E. (2021). Bagaimana Bahan Ajar Berbasis Website Membantu Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1493. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3702
Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.