PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BULUKUMBA KABUPATEN BULUKUMBA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA

Authors

  • Ilham Zulhidayat Bursan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/jp.v1i1.72

Abstract

Menulis kreatif puisi merupakan salah satu keterampilan bidang apresiasi sastra yang harus dikuasai oleh siswa SMA.Observasi awal yang dilakukan peneliti pada tanggal 10 - 15 Mei 2013 pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba, ditemukan masalah pada rendahnya keterampilan menulis puisi. Data yang diperoleh dari guru bidang studi Bahasa Indonesia menunjukkan bahwa 80 % siswa belum mampu menulis puisi dengan baik atau dibawah standar KKM 65 karena metode yang digunakan guru dalam mengajarkan keterampilan menulis puisi di SMA Neg. 3 Bulukumba khususnya masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilanmenulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba Kabupaten Bulukumba melalui penerapan strategi pembelajaran sugestopedia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Bulukumba pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 30 siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Menulis Puisi, dan Strategi Pembelajaran Sugestopedia.

References

Anggraeni. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Sugestopedia (Online), (respository.upi.edu, diakses tanggal 8 Juli 2013).

Arif, M. T. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar. Andira Publisher.

Hasan, Hasriana. 2009. Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Melalui Metode Hipnoterapi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Ujungloe. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Dapoenk. 2010. Pengertian Menulis dan Manfaat Menulis (Online), http://www.gakbasi.com, diakses tanggal 6 Juli 2013.

Damono, S. Djoko. 2013. Poetri and Fotografi. Makalah Disajikan dalam Workshop Makassar International Writers Festifal, Fort Roterdam, Makassar, 27 Juli 2013.

Fitriani. 2004. Psikologi Cinta Remaja. Cinganjur: Visi Media. Gandi,

Putra. 2010. Tuntunan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah. Jakarta Utara: Rajagrafindo Persada.

Hendrajat, Dadan. 2010. Pengaruh Media Foto dalam Meningkatkan Kereampilan Menulis Puisi. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Helmy, Dyan. 2009. Meningkatkan Intelegensi Anak. Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka.

Henderson, Joyce. 2003. Strategies for Winning Science Fair Projects. Sukamaju: PT Intan Sejati.

Hunain, Ahmad. Sejarah dan Teori Sastra Klasik dan Kontenporer. Malang: Rahayu Publiser.

Iskandarwassid & Sunendar, Dadang. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Ssekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja

Rosdakarya. Jasmadi. 2006. Kiat Menjadi Penulis Buku Profesional. Yogyakarta: Deli Publishing.

Linda, Denara. 2005. Mengenal Jenis dan Unsur Pembangun dalam Puisi. Jakarta: Bumi Aksara

Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.

Nurhayati. 2005. Penggunaan Strategi Suggestopedia dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Cerpen. Jurnal Bahasa dan Sastra,, 8 (2) PP. 148-166, (Online) http://eprints.unsri.ac.id diakses 8 Juli 2013.

Prashing, Barbara. 2007. The Power of Learning Styles: Memacu Anak Melejitkan Prestasi dengan mengenali Gaya Belajarnya. Terjemahan oleh Nina Fauziah. Bandung: Kaifa.

Setiawan, Wawan. 2010. Kajian Apresiasi Sastra. Malang: UM.

Wijaya, Didik. 2004. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia: Seri Menulis Paragaf. Bandung: Diva Press.

Rahman, Bohri. 2011. Metode Sugestopedia Untuk Pembelajaran Bahasa (Online), http://bahasa-dan-sastraindonesi83a.blogspot.com, diakses tanggal 8 Juli 2013.

Resmini, Dinara. 2008. Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: UPI.

Saptono. 2008. Kiat Sukses Menulis Puisi. Jakarta: Esensi (Erlangga Group).

Suwadah, S. R. 2011. Kajian Apresiasi Sastra Teori dan Praktik. Yogyakarta: Aura Pustaka.

Downloads

Published

2014-04-25

Issue

Section

Artikel