Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas XII MIPA2 SMA Negeri 6 Maros
DOI:
https://doi.org/10.26618/jp.v11i2.15921Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Maros tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas XII SMA Negeri 6 Maros yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 10 butir soal. Hasil observasi pada siklus I hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh ketuntasan belajar mencapai 15,15% atau 5 siswa dari 33 siswa sudah tuntas belajar. Hasil observasi pada siklus II hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh ketuntasan belajar mencapai 39,39% atau 13 siswa dari 33 siswa sudah tuntas belajar. Dari hasil tindakan pada siklus I dan pada siklus II maka disimpulkan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Maros tahun pelajaran 2023/2024.References
Abdillah, L. A. (2019). Model Pembelajaran Era Society 5.0. In Pendidikan & Revolusi Industri (Issue Cii).
https://eprints.walisongo.ac.id/1 4747/1/III. A. 1. b. %282%29
Kinerja Book
Chapter.pdf#page=110
Hidayat, M. T. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Metode Discovery Learning Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Langsa. Jurnal Samudra Bahasa, 3(3), 45–51.
Yenti, N., Ramadhanti, D., & Laila,
A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1: Januari), 93–102. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1 i1.16.