Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas di Kelompok B TK Uminda Makassar
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas Di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam UMINDA Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas Di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam UMINDA Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Room) yang terdiri dari tiga siklus di mana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. subjek dalam penelitian ini adalah Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam UMINDA Kota Makassar sebanyak 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas anak dapat dilihat dari ratarata hasil observasi kreativitas anak pratindakan yaitu 32 %, pada siklus I mencapai 50 %, pada siklus II mencapai 75% dan pada siklus III mencapai 88.2 %. Jadi persentase 88.2 % telah mencapai target capaian dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasar- viii kan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak kelompok B TK Islam Uminda Kota Makassar dapat ditingkatkan melalui kegiatan kolase dengan menggunakan bahan bekas.References
Chiang, dkk. 2014. Peningkatan Kreativitas Melalui Pembelajaran Kolase dengan
Menggunakan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Artikel Ilmiah.
Devi. 2014. Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B2 di Tk Aba Keringan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Skripsi
tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mulyani. 2017. Pengembangan Seni Anak Usia Dini, Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Puri. 2016. Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kreativitas Anak di Kelompok
B1 Tk Alkhairaat Tatura Kecamatan Palu Selatan. Artikel Ilmiah.
Puspita, dkk .2016/2017. Peningkatan Kreativitas Seni Kolase Melalui Keping
Geometri pada Kelompok B Tk Aisyiyah Busthanul Athfal 34 Semarang .
Artikel Ilmiah. d (1):15-16
Rachmawati & Euis Kurniati. 2017. Strategi Pengembangan Kreativitas pada
Anak usia Taman Kanak-kanak, Jakarta: Kencana.
Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan, Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Susanto. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori), Jakarta: PT. bumi
Aksara.