IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SDN 101 TADANG PALIE TENTANG POLITIK LUAR NEGERI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7951Abstract
Implikasi Model Pembelajaran STAD Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 101 Tadang Palie tentang Politik Luar Negeri Indonesia. Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran STAD.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi penerapan model pembelajaran STAD terhadap peningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VI pada SDN 101 Tadang Palie dalam pembelajaran PKn. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 101 Tadang Palie pada peserta didik kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan, yaitu penyajian materi dan tes akhir siklus.
Hasil analisis data juga diperoleh gambaran bahwa pada siklus I menunjukkan perolehan nilai mulai dari 60 sampai 80 dengan mean sebesar 77,6; median sebesar 70; modus sebesar 70; standar deviasi sebesar 6,63; dan varians sebesar 43,95, memberikan implikasi bahwa tingkat penguasaan materi politik luar negeri Indonesia pada siswa kelas VI SDN 101 Tadang Palie dengan menerapkan model STAD berada pada kategori sedang. Pada siklus II terjadi peningkatan, yaitu perolehan nilai mulai dari 80 sampai 100 dengan mean sebesar 84,8, median sebesar 90 modus sebesar 80; standar deviasi sebesar 7,14; dan varians sebesar 50,97 memberikan implikasi bahwa tingkat penguasaan materi atau prestasi belajar siswa kelas VI SDN 101 Tadang Palie dalam pembelajaran materi PKn dengan penerapan model pembelajaran STAD meningkat menjadi kategori tinggi.
References
Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.
Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook, alih bahasa oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan Pustaka.
Sarjan.2012. Aku Bangga Menjadi Warga Negara. Solo: Platinum.
Sudrajat, Nana. 2008. Pendekatan Dalam Pembelajaran. Bandung: Angkasa.
Sukintaka. 2005. Aneka Pendekatan Dalam Pembelajaran. Jakarta:Mizan
Surtini, Sri. 2004. Metode Proaktif Dalam Pembelajara (on line volume 5 no. 1). http://pk.ut.ac. Id/Scan Penelitian/Sri % 2004. pdf. (13 Maret 2006).
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.