PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i3.9405Keywords:
Kata Kunci, Media Sosial, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini diharapkan dapat memutuskan dampak penggunaan media sosial terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 16 Makassar. Penelitian Kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah metode studi telaah literatur. dokumentasi salah satu informasi hasil belajar siswa menggabungkan nilai tes siswa berdasarkan Norma Publik. tes kambuh dasar yang digunakan dalam pemeriksaan informasi ulasan ini. Penelitian menunjukkan bahwa ada dampak besar dalam pemanfaatan sosial media terhadap hasil belajar yang kurang baik. Dari konsekuensi eksplorasi primer yang dipimpin oleh peneliti mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa pemanfaatan media sosial dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain itu, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Bagian ini dapat muncul dari perspektif eksternal dan dalam pemanfaatan media sosial. Fakta yang mempengaruhi hasil belajar siswa membuat sosial medial menjadi variabel eksternal. Belum banyak siswa yang sering memanfaatkan sosial media, membuat hasil belajar menjadi menarik dan hasil belajar menurun.References
Akram, W. & Kumar, R. (2017). A Study on Positive and Negative Effect of
SocialMedia on Society. ResearchGate: Journal, 5(10), 347-350.
Ananda, L. A. (2018). Memahami Eksistensi Manusia Melalui Media Komunikasi.
Jurnal Kawistara.
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power
Point Learning Media On Ict Learning Outcomes. Jurnal Galeri
Pendidikan, 1(01).
Ayu, S., & Rosli, M. S. B. (2020). Uji Reliabilitas Instrumen Penggunaan SPADA
(Sistem Pembelajaran dalam Jaringan). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas
keguruan dan ilmu pendidikan, 6(1), 145-155.
Azwar, S. (2015). Tes Hasil: Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Hasil Belajar,
Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bahrudin., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Cet
I.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Chris Brogan .(2010). Social Media 101Tactic and Tips to Develop Your
BusinessOnline. Cananda: wiley.
Damyati & Mudjiyono.(2013).Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Reneka Cipta.
Daryanto.(2012). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Hanafi, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap
MotivasiBelajar Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Jom Fisip.
Haq, A. Motivasi Belajar dalam Meraih Hasil. Vicratina: Jurnal Pendidikan
Islam,3(1), 207.
Khoiriyyah,Thohari,Jazari. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota
Malang. Jurnal Pendidikan Islam.
Kung.(2017). Social Media Their Use in Learning: A Comperative Analysis
Between Australia and Malaysia From the learners’ Perspectives.
Australasian Journal of Educational Technology,33 (1) halaman 3.
Marini,R.(2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di
SMPN 1 Gunung Sugih KAB. Lampung Tengah. UIN Lampung.
Nasrullah Rulli. (2017). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya dan
Sosiotekhnologi).(Bandung : Simbiosa Rekatama)
Novatin. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa
SMP. FKIP UNTAN Pontianak.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil
Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal
Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Rosdakarya. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya,
Edisi Revisi.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Siaran Pers (2018). Jumlah Pengguna Internet 2017 Meningkat, Kominfo akan
Terus Lakukan Percepatan Pembangunan Broadband. Jakarta: Biro Humas,
Kementrian Kominfo (Online).
Sudjana.(2017).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R
&D.Bandung:Alfabeta.
Susilowati, Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding di
Instagram(studi deskriptif kualitatif pada akun @bowo_allpennliebe),
Jurnal Komunikasi, 9(2)
Esto, Daud, Ilyas. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil
Belajar Peserta Didik Jurusan IPA SMAN I Talibura. Jurnal Pendidikan
Fisika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.