PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PADA UPT. SPF SMP NEGERI 20 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i3.9404Keywords:
Kata Kunci, Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru pada UPT. SPF SMP Negeri 20 Makassar. Metode yang digunakan berupa metode survei melalui penyebaran kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 50 responden, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru.References
Andry, Z., & Suhendrik, P. (2022). PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP
KINERJA GURU PADA UPT. SMA NEGERI 19 MAKASSAR. Jurnal
Galeri Pendidikan, 2(1), 29-37.
Asf, Jasmani & Syaiful Mustofa, 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru
dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz
Media
E. Mulyasa, 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja
Rosda Karya
Handoko, T. Hani. 2016. Manajemen. Yogyakarta : BPFE
Sofwan, E., Sopiyana, M., & Fathurrahman, A. M. (2022). The application of the
right to freedom of expression in demonstration based on principles of a
democratic state. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 19(2).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhendrik, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Peran Orang Tua
Terhadap Hasil Belajar Siswa Upt. Sdn Pannara Kota Makassar. Jurnal
Galeri Pendidikan, 1(01).
Yasrin S. Gagulu. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap
Peningkatan Kinerja Guru pada SMP Negeri 1 Bongomeme. Skripsi,
Program Studi S1 Manajemen Jurusan manajemen, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Negeri Gorontalo
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.