PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.9399Keywords:
kata kunci, pembelajaran online, minat belajarAbstract
Pembelajaran online dapat didefinisikan sebagai upaya menghubungkan siswa dengan sumber belajar (guru, perpustakaan) yang secara fisik terpisah atau bahkan berjauhan. tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar siswa MTs Muhammadiyah Lempangang kabupaten Gowa. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa MTs Muhammadiyah Lempangang yang berjumlah 211 siswa dan sampel sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dari 50 siswa yang mengisi form, ada 32 siswa atau 64% siswa yang merasakan kebosanan mengikuti pembelajaran online dan 18 siswa masih dalam keadaan santai atau tidak mengalami kebosanan pada saat mengikuti pembelajaran online. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran online sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa MTs Muhammadiyah Lempangang. sal ini dikarenakan Siswa merasa bosan karena siswa tidak bertemu dengan teman maupun guru secara langsung dan siswa merasa cemas ketika kehilangan sinyal selama ujian.References
Abdulhak, Ishak. Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2011. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana
Chandrawati, Sri Rahayu.2010. Pemanfatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, Volume8.nomor 2.
Djaali.2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Edwin, 2020. Dampak Media Pembelajaran Zoom Bagi Minat Belajar Mahasiswa Stt Sangkakala.Jurnal Tarbiyah, (2020):5-6.
Goretty Sarahutu, Maria. 2020. Pembelajaran Online, Minat Belajar, Dan Kehidupan Sehaari-Hari Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sanat Dharma Di Tengah Covid-19. Google Cendekia,2 (2): 11-17.
Hirdra, Nurfarini. 2020. Pengaruh Kuliah Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Samarinda. Google Cendekia, 2 (2): 123-125.
Kismawan Ardi, 2019. Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Smp N 4 Metro Tp. 2018/2019. Google Cendekia, (2019):2-5.
Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta
nursalam. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Rachmawati, Tutik dkk. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.
Slameto. 2015. Belajar dan Factor-faktor yang Mempengaruhinya. Bandung: renika Cipta.
Sujana, Nana. 2015. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Unismuh, FKIP. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press
Wahyudi. Husna, Difa’ul. 2017. Pendidikan Kemuhammadiyahan. Yogyakarta: Gramasurya
Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
------ (https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-e-learning/, diakses 23 Maret 2021)’
------ Manajemen Pendidikan, (Onine), (https://www.silabus.web.id/minat-belajar, diakses 23 Maret 2021).
-------. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.