KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA SOMBA OPU
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i2.8976Keywords:
Kepribadian Guru, Karakter SiswaAbstract
Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian expost facto, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Prosedur dalam penelitian ini meliputi mengidentifikasi permasalahan, merumuskan masalah, menentukan tujuan dan manfaat penelitian, melakukan studi pustaka, menentukan kerangka pikir, mendesain metode penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data menggunakan statistika yang relavan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah guru sebanyak 14 orang dan jumlah siswa sebanyak 14 orang di SMA Somba Opu Kabupaten Gowa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi langsung, dengan menggunakan alat pengujian SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, variabel kepribadian guru berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa. Hal ini diketahui dengan melihat tingkat signifikan sebesar 0.037<0.05. pengaruh variabel kepribadian guru (x) terhadap karakter siswa (y) tergolong sangat kuat, dibuktikan dengan
nilai koefisien determinansi yakni r2 = 0,561 atau 56.1% dan selebihnya 43.1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
References
Albertus, Koe Soema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik: Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo
Arikunto, s. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON ICT LEARNING OUTCOMES. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Ayuningtyas, Ayu . 2016. Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Yogyakarta PGSD FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Ayu, S. (2017). Pengaruh Otonomi Pendidikan terhadap Peningkatan Mutu SMA Unismuh Makassar (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University Makassar).
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 2003, Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
E. Mulyasa. 2017. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Heri Gunawan. 2012. Pendidikan karakter konsep dan impementasi.
Bandung: Afabeta.
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Maya, Dian. 2016. Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembentukan
Karakter Siswa Kelas 3a Sdn 1 Gedingkiwo Yokyakarta.
Yokyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Ramayulis. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta Kalam Mulia
Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Yang Berakhlakul Karimah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.
Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-159.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Rochman, Heri Gunawan. 2016. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. Bandung Penerbit Nuansa
Samani, Muchlis, Hariyanto. 2011. Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Siswoyo Dwi, Dkk. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuntitatif Dan RND Bandung. Alfabetc Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabert: Bandung.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabert.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.