PENGARUH APLIKASI QUIPPER SCHOOL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMK NEGERI 8 SIDRAP
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i2.8975Keywords:
Media Aplikasi, Minat Belajar Siswa, Quipper School.Abstract
Penelitian ini adalah dengan metode Quasi Experimentdengan model One group pretest and Posttest design. Yang menggunakan perlakuan dan pengukuran terhadap 1 kelas dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ yang berjumlah 20 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa, dan angket untuk melihat pengaruh kelas eksperimen. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskrkiptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan pengaruh minat belajar siswa yang diajarkan menggunakan media aplikasi quipper school di kelas X TKJ SMK Negeri 8 Sidrap, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa nilai thitung>ttabel yaitu 0,000>0,005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima Artinya ada pengaruh media aplikasi quipper school terhadap minat belajar siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk pemanfaatan media aplikasi quipper school bisa lebih dimaksimalkan. Guru diharapkan mampu memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu yang tersedia, sarana dan perasarana yang dimiliki.
Media Aplikasi, Minat Belajar Siswa, Quipper School.
References
Ahmadi, Abu. Widodo, Supriyono. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Alwi, Hasan, dkk. 2005. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.
Ariani, Niken. Dany, Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Aritonang, 2008. “Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Penddikan Penabur-No.10/Tahun Ke-7/Juni2008.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON ICT LEARNING OUTCOMES. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Aswan, Dedy. 2018. Pengaruh Pemamfaatan Media E-learning Quipper School Terhadap Hasil Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Majene. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Ayu, S. (2017). Pengaruh Otonomi Pendidikan terhadap Peningkatan Mutu SMA Unismuh Makassar (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University Makassar).
Babadu, j.s. Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Duniapelajar.com. 2014. Pengertian Pengaruh Menurut Para Ahli, (Online) http:/www.duniapelajar.com/2014/08/07/pengertian-pengaruh- menurut-para-ahli/, diakses pada 21 November 2015 pukul 21.15.
Enco Mulyasa. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fatimatur, Evi. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Huda, Niamul. 2014. Definisi Minat Belajar (Online) http://hijaujaya.blogspot.com/2014/12/makalah-definisi-minat- belajarhtml?m=1, diakses 7 desembember 2019.
Karmila, Nining. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quipper School Terhadap Minat Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 10 Bulukumba. Makassar: UIN Alauddin Makasar.
Karwono. Heni, Mularsih. 2017. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Louis, Gottschalk. 2000. Mengerti Sejarah. Depok: Universitas Indonesia. Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan Bandung: BaruRemaja
Rosdakarya.
Purwanto W Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rasya Karya.
Quipper.htp:/www.quipper.com/products/quipper-school diakses tangga diakses 7 desembember 2019.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-7
Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-159.
Rizki. dkk. 2015. Keefektifan Penerapan E-learning Quipper School pada Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Surakarta. Surakarta: UNS Surakarta.
Safei. 2011. Media Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.
Slamento. 2007. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta:
Rineka Cipta.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Trisnaningsih, Sari. 2016. Pengembangan Learning Management System Quipper SchoolPada Pembelajaran Materi Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Yogyakarta: UNY Yogyakarta.
Uno, Hamzah, B. 2016. Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan
Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wijaya, Wina. 2001. Strategi Pembelajaran. Bandung: Prenda Media Goup.
Yosi, Abdian, Tindo. 2015. Pengertian Pengaruh (Online) http://yosiantindaon.co.id/2012/11/pengertian-pengaruh.html, diakses pada diakses 7 desembember 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.