PENGGUNAAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v11i2.8723Keywords:
Quipper School, Hasil belajarAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu perkembangan teknologi yang semakin maju dan berkembang siswa diharapkan mampu untuk menggunakan teknologi media pembelajaran Quipper School untuk memudahkan proses pembelajaran secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Quipper School terhadap hasil belajar siswa kls VII di SMPN 2 Campalagian. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Campalagian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMPN 2 Campalagian Polewali mandar yang berjumlah 59 orang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 59 orang dengan menggunakan teori sampling jenuh Sugiyono. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian kuesionerdan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan SPSS Versi 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran Quipper School berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMPN 2 Campalagian polewali Mandar
References
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). THE INFLUENCE OF THE APPLICATION OF POWER POINT LEARNING MEDIA ON ICT LEARNING OUTCOMES. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Asrofi, Ghulam, 2018. Pemamfaatan e-learning schoololeh guru dan siswa untuk optimalisasi pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni.2010.Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Dimyati dan Mudjiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2008). Strategi belajar mengajar. Bandung: Rineka cipta
Dwi Hurriyati, Desy Arisandy, (2018), Pengaruh Penggunaan Media Belajar Quipper School Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Siswa The Influence Of Quipper School To The Interest Of Learning Mathematics Among, Jurnal Psikogenesis, Volume 6, No.2, Desember 2018
Mason, Robin , dan Frank Rennie (2009) Serial konsep-konsep kunci e learning panduan lengkap memahami dunia digital dan internet. Yogyakarta: Pustaka Baca
Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain belajar mengajar kreatif berbasis sains. Yogyakarta: Gava Media
Rahmawati (2015), keefektifan penerapan e-learning – Quipper School pada pembelajaran akuntansi SMA Negeri 2 Surakarta
Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi WhatsApp sebagai upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 147-159.
Supriono dan Widodo.1999. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Usman. Moh user, 2008, strategi pembelajaran, Jakarta, Erlangga
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.