UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA SD NEGERI 23 JAPING-JAPING TENTANG PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.7989Abstract
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV pada SD Negeri 23 Japing-Japing dalam Penjumlahan Pecahan Melalui Pembelajaran Kooperatif.
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi penerapan pembelajaran kooperatif terhadap peningkatkan pemahaman, dan sikap positif siswa Kelas IV pada SD Negeri 23 Japing-Japing dalam pembelajaran matematika, khususnya materi penjumlahan pecahan.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 23 Japing-Japing pada siswa Kelas IV semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan, yaitu penyajian materi dan tes akhir siklus. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I prestasi hasil belajar, yaitu hanya terdapat 16,67 % dari 18 siswa yang mencapai indikator penelitian yang ditetapkan, dan pada siklus II meningkat menjadi 100 %. Demikian juga Sikap belajar siswa pada siklus I mencapai rerata 70,83 persen kemudian meningkat menjadi 97,22 persen pada siklus II dalam pembelajaran mata pelajaran matematika, khususnya materi tentang penjumlahan pecahanReferences
Kemmis, S,R.Mc.Taggat. 1998. The ection Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Moleong, 2001, A Comparison of Inquiry and Worked Example Web-Based Instruction Using Physlets. Dalam Computers & Education.
Moelino, 1997. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.
Sukayati. 2003. pecahan : pelatihan supervisi pengajaran untuk sekolah dasar tanggal 2 juli 2003 di PPPG matematika Yogyakarta.
Tahir Suhaidah. 2006.pemahaman konsep pecahan dalam tiga kelompok pelajar secara keratan lintang : tesis Universiti Teknologi Malaysia
Prof. DR. Rochiati Wiriaatmaja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. UPI : Bandung.
Russeffendi (2006:208), Montessori Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Pustaka Dela Pratasa.
Sudarman, 2002, Berbagai Metode dalam pengajaran, Bandung. CV. Pustaka Pelajar
Yohanes, 1991. Penelitian Tindakan Kelas. UT.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.