PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK SEBAGAI UPAYA PENURUNAN TINGKAT PERILAKU AGRESIF SISWA VI PADA SDN 138 BENTENG
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.7987Abstract
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam Bimbingan dan Konseling dengan menerapkan konseling kelompok.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menurunkan perilaku agresif siswa kelas VI pada SDN 138 Benteng di lingkungan sekolah.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 138 Benteng pada siswa kelas VI semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik konseling kelompok dapat menurunkan perilaku agresif siswa kelas VI pada SDN 138 Benteng di lingkungan sekolah.
References
Abidin, ZM, 2019. Mengatasi Perilaku Agresif di Sekolah. http://www.masbied.com. Tanggal 7 September 2017. pukul 14.24.00 WIT.
Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung
Anantasari. 2006. Psikologi Sosial. Jakarta : Gramedia.
Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Damayanti S, 2016. Efektivitas Pemberian Layanan Konseling Kelompok Menggunan Pendekatan Realita. Kediri: Universitas PGRI Nusantara.
Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.
Febryanto G, 2016. Konseling Kelompok Dalam Menangani Perilaku Agresif . Yogyakata: UIN Sunan Kali Jaga.
Kurt Singer. 1991. Psikologi Sosial. Surabaya : Airlangga.
Latipun. 2000. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Erlangga.
Prayitno. 2004. Pelayanan Konseling di Sekolah Padang : Universitas Negeri Padang.
Sudrajat, Nana. 2008. Pendekatan Dalam Pembelajaran. Bandung: Angkasa.
Sukintaka. 2005. Aneka Pendekatan Dalam Pembelajaran. Jakarta:Mizan
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.