UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SDN 57 BELAWA TENTANG PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i3.7986Abstract
Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2019 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran IPA pada materi perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan dengan menerapkan model pembelajaran TS-TS.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi penerapan model pembelajaran TS-TS terhadap peningkatkan hasil belajar dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 57 Belawa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan..
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 57 Belawa pada siswa kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TS-TS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada SDN 57 Belawa dalam proses pembelajaran khususnya pada materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
References
Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung
Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Pengelolaan Pembelajaran IPA Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar dan Belajar IPA, IKIP Malang.
Rusyan, T dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Usman, M.U. 2003. Aneka Model Pembelajaran di Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wijaya, A. Model-model Pembelajaran IPA. Yogyakarta: PPPG
Winarno. 2002. Merancang Model Pembelajaran IPA Berorientasi Pada Pakem dan Pembekalan Kecakapan Hidup. Yogyakarta: P3G Pendidikan jasmani dan olahraga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.