MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PAMMANA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 TENTANG TEXT PROCEDURE MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i2.7956Abstract
Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Pammana Tahun Pelajaran 2018/2019 tentang Teks Procedure Melalui Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Pammana dalam pembelajaran Teks Procedure.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pammana pada siswa Kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran group invesitigation dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Pammana dalam memahami Teks Procedure, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaranReferences
Afini, Nurul. 2001. Text Procedure. Solo: Tiga Serangkai
Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung : FIP IKIP Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta
Earthquake. 2009. Thinking of Text Recount. Makassar: UNM Journal
G.Shane, Harold.2002, Pendidikan Masa Depan, Jakarta : Pustekom
Haliah, Dra. 2004, Pentingnya Profesionalisme Guru, Sengkang : SMU 3.
Musanif. 2007. Langkah-langkah Pembelajaran Model TAPPS. Jakarta: Pustaka Jaya.
Soegen. 2004. Efektive English. Solo: Tiga Serangkai
Soenardi, Rusli. 1979, Profesionalisme Guru, Bandung : Angkasa
Suparno, Paul, DR. 2004, Pendidikan dan Peran Guru, Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Wijaya, Agung. 2005. Model-model Pembelajaran Modern. Bandung: Angkasa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.