MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD AS’ADIYAH 8 SABBANG TENTANG KPK DAN FPB MELALUI IMPLEMENTASI METODE RESITASI

Authors

  • Rosmawati Rosmawati SD As’adiyah 8 Sabbang

DOI:

https://doi.org/10.26618/jkm.v10i2.7955

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2018 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.

Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan metode resitasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui kontribusi penerapan metode resitasi terhadap peningkatkan  hasil belajar dan sikap positif siswa kelas IV pada SD As’adiyah 8 Sabbang dalam pembelajaran matematika khususnya materi KPK dan FPB.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD As’adiyah 8 Sabbang  pada siswa kelas IV semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada SD As’adiyah 8 Sabbang dalam proses pembelajaran matematika khususnya materi KPK dan FPB.

 

References

Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung

Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Pengelolaan Pembelajaran IPA Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar dan Belajar IPA, IKIP Malang.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang – ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook, alih bahasa oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan Pustaka.

Rusyan, T dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Usman, M.U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wijaya, A. Model-model Pembelajaran IPA. Yogyakarta: PPPG

Downloads

Published

2022-06-13