MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD AS’ADIYAH 8 SABBANG TENTANG KPK DAN FPB MELALUI IMPLEMENTASI METODE RESITASI
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i2.7955Abstract
Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2018 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan metode resitasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi penerapan metode resitasi terhadap peningkatkan hasil belajar dan sikap positif siswa kelas IV pada SD As’adiyah 8 Sabbang dalam pembelajaran matematika khususnya materi KPK dan FPB.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD As’adiyah 8 Sabbang pada siswa kelas IV semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada SD As’adiyah 8 Sabbang dalam proses pembelajaran matematika khususnya materi KPK dan FPB.
References
Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung
Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Pengelolaan Pembelajaran IPA Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar dan Belajar IPA, IKIP Malang.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang – ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook, alih bahasa oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan Pustaka.
Rusyan, T dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Usman, M.U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wijaya, A. Model-model Pembelajaran IPA. Yogyakarta: PPPG
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.