MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA SDN 94 WATAMPANUA TENTANG BERORGANISASI
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i2.7953Abstract
Abstrak: Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV pada SDN 94 Watampanua tentang Berorganisasi. Tulisan ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran think pair share.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 94 Watampanua pada siswa kelas IV semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penenerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas IV pada SDN 94 Watampanua dalam materi berorganisasi, dan juga meningkatkan sikap siswa dalam proses pembelajaran. Pada siklus I siswa yang menampakkkan sikap yang baik dalam proses pembelaharan mencapai rerata 70,23 persen kemudian meningkat menjadi 96,43 persen pada siklus II. Demikian juga pada prestasi hasil belajar, yaitu pada siklus I hanya terdapat 4,76 % dari 21 siswa yang mencapai indikator penelitian yang ditetapkan, dan pada siklus II meningkat menjadi 95,23 %.
References
Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rieneka Cipta
Danim, Sudarwan. 1975, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Djamarah. 2006. Efektivitas Media Pembelajaran. Jakarta: Rosdakarya.
G.Shane, Harold.2002, Pendidikan Masa Depan, Jakarta : Pustekom
Kolamalasari, Kokom. 2008. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Refika Aditama
Suparno, Paul, DR. 2004, Pendidikan dan Peran Guru, Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Suwantoro, Darwis. 2001. Perilaku Manajemen Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjokrodiharjo. 2003. Belajar Berpasangan. Jakarta: Rieneka Cipta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Widjojo, Sapto. 1997. Manajemen dan Organisasi. Makassar: Fajar Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.