UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VI PADA SDN 12 ATTASSALO TENTANG NILAI-NILAI PANCASILA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7952Abstract
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran STAD.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa kelas VI pada SDN 12 Attassalo dalam pembelajaran Pkn.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 12 Attassalo pada siswa kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Untuk mendapatkan data digunakan lembar observasi dan hasil tes pada setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penenerapan model pembelajaran Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VI pada SDN 12 Attassalo Tahun 2018/2019 tentang Nilai-Nilai Pancasila dengan Menerapkan Model Pembelajaran STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VI pada SDN 12 Attassalo dalam materi nilai-nilai Pancasila, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.
References
Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung
Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Darwyan Syah, M.Pd. M. SI, dkk. 2009, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Diadit Media.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang – ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook, alih bahasa oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan Pustaka.
Rusyan, T dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
Sarjan. 2012. Aku Bangga Menjadi Warga Negara. Solo: Platinum
Setiawan, Dedi. 2009. Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila. Bandung: Pelita Ilmu.
Usman, M.U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Russeffendi (2006:208), Makhluk Hidup. Jakarta : PT. Pustaka Dela Pratasa.
Sudarman, 2002, Berbagai Metode dalam pengajaran, Bandung. CV. Pustaka Pelajar
Tarigan, 2011. Pragmati. Jakarta: Gramedia.
Wermke et al, 2007. Gesamtheit. Alih bahasa Gatot Wijaya. Jakarta: Pustaka Jaya.
Yohanes, 1991. Penelitian Tindakan Kelas. UT.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.