MENERAPAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SUPPA TENTANG TESK TANGGAPAN
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7950Abstract
: Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa Kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa tentang Teks Tanggapan, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.
References
Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung : FIP IKIP Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta
Danim, Sudarwan. 1975, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Djati Sidi, Indra, Ph.D. 2001, Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta: Logos
G.Shane, Harold. 2002, Pendidikan Masa Depan, Jakarta: Pustekom
Haliah, Dra. 2004, Pentingnya Profesionalisme Guru, Sengkang: SMU 3.
Poerwadarminta, WJS. 1988, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka.
Pribadi, Sikum, 1981, Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soenardi, Rusli. 1979, Profesionalisme Guru, Bandung: Angkasa
Sujasmin. 2004. Teks tanggapan. Jakarta: Mizan.
Suparno, Paul, DR. 2004, Pendidikan dan Peran Guru, Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.