MENERAPAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SUPPA TENTANG TESK TANGGAPAN

Authors

  • Hamidah Hamidah SMP Negeri 1 Suppa

DOI:

https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7950

Abstract

: Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  meningkatkan pemahaman, prestasi belajar, dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa Kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2018/2019.  Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make a Match  dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa tentang Teks Tanggapan, dan juga meningkatkan sikap positif siswa dalam proses pembelajaran.

References

Amatembun, NA. 1989, Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru, Bandung : FIP IKIP Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 1982, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta

Danim, Sudarwan. 1975, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Djati Sidi, Indra, Ph.D. 2001, Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta: Logos

G.Shane, Harold. 2002, Pendidikan Masa Depan, Jakarta: Pustekom

Haliah, Dra. 2004, Pentingnya Profesionalisme Guru, Sengkang: SMU 3.

Poerwadarminta, WJS. 1988, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN Balai Pustaka.

Pribadi, Sikum, 1981, Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soenardi, Rusli. 1979, Profesionalisme Guru, Bandung: Angkasa

Sujasmin. 2004. Teks tanggapan. Jakarta: Mizan.

Suparno, Paul, DR. 2004, Pendidikan dan Peran Guru, Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Downloads

Published

2021-02-11