IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA SMP NEGERI 1 SUPPA TENTANG PERSAMAAN KUADRAT
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v10i1.7948Abstract
Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun 2019 sebagai kegiatan pengembangan profesi guru.
Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan metode problem posing.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam pembelajaran matematika, khususnya materi persamaan kuadrat.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Suppa pada siswa Kelas IX semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap positif siswa Kelas IX pada SMP Negeri 1 Suppa dalam materi persamaan kuadrat.
References
Amatembun, NA. 1989. Manajemen Kelas, Penuntun Bagi Guru dan Calon Guru. Bandung, FIP IKIP Bandung
Arikunto, Suharsimi. 1992. Proedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto Suharsimi; Suharjono; Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Pengelolaan Pembelajaran Matematika Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama
Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar dan Belajar Matematika, IKIP Malang.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang – ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Lukman, Sangaji. 2004. Aljabar Biner dan Linier. Bandung: Rosdakarya.
Meier, Dave. 2004. The Accelerated Learning Handbook, alih bahasa oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan Pustaka.
Rusyan, T dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya
Usman, M.U. 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wijaya, A. Model pembelajaran-model pembelajaran Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG
Winarno. 2002. Merancang Model pembelajaran Pembelajaran Matematika Berorientasi Pada Pakem dan Pembekalan Kecakapan Hidup. Yogyakarta: P3G Matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.