PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2644Abstract
ABSTRAK : Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap mata pelajaran TIK. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara dan penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen Nonequivalent (pretest posttest) control group design, sampel penelitian diambil acak tiga kelas (60 siswa) meliputi TKJ A (kelas eksperimen) dan TKJ B (kelas kontrol) dari populasi tiga kelas (92 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan diantarannya yaitu teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas dan hipotesis (uji-t).
Hasil penelitian didapatkan nilai hasil belajar siswa rata-rata kelas eksperimen 44,7 sedangkan nilai rata-rata kelas control 44,1 sebelum diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek. Setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan pada kelas ( eksperimen ) nilai rata-rata hasil belajar menjadi 77,7 mengalami peningkatan sebesar 41,90% dengan ketuntasan belajar mencapai 86,7% (Efektif), dibandingkan kelas yang tidak mendapat perlakuan kelas (kontrol) nilai rata-rata hasil belajar hanya 66,1 peningkatan 27,52% dengan ketuntasan belajar hanya 40,11% (Tidak Efektif).
Berdasarkan hasil paparan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Pembelajaran Berbasis Proyek lebih berpengaruh dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran ceramah (konvensional).
Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.