IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SERAM UTARA BARAT KABUPATEN MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2643Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action recearch) yang meliputi tahapan-tahapan pelaksanaan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. dengan tujuan untuk mengetahui meningkatnya motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah dengan model pembelajaran Assure.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis secara kualitatif Artinya data yang diperoleh dari pelaksanaan observasi akan dianalisis secara kualitatif dan Analisis secara kuantitatif.
Ketuntasan belajar siswa kelas X,1 SMA Negeri 1 Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah pada siklus I terdapat 3 orang termasuk dalam kategori belum tuntas dan sebanyak 25 orang termasuk dalam kategori tuntas. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 28 orang yang masuk kategori tuntas. Ini berarti bahwa ketuntasan belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran Assure dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Seram Utara Barat selama proses pembelajaran berjalan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Assure, Motivasi Belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.