PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD NEGERI RAPPOJAWA 71 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2642Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini mengangkat masalah sebagai berikut: adakah pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIB SD Negeri Rappojawa 71 kecamatan tallo kota Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIB SD Negeri Rappojawa 71 kecamatan tallo kota Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri Rappojawa 71 yang berjumlah 17 guru dan 406 siswa teknik pengambilan sampel yang digunakan penulis ini adalah sampling random, hasil penelitian ini akan dianalisis dengan cara kuantitatif dalam teknik Deskriptif Korelasi. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri Rappojawa 71 kecamatan tallo kota Makassar. Yang berpopulasi siswa dan guru di SD Negeri Rappojawa 71 dan sampel kelas VIB yang berjumlah 26 orang.
Hasil uji hipotesis dengan nilai hasil korelasi, yaitu rxy 0,664 Ternyata thitung lebih besar dari ttabel atau 4,3504 ≥ 2,064, maka Ho ditolak.
Berdasarkan perhitungan tersebut, Hipotesis dapat ditafsirkan Ha: ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa, dan Ho: tidak ada pengaruh antara keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa.
Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Guru dan Prestasi Belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.