HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 PALLANGGA KABUPATEN GOWA

Authors

  • Mardatillah Mardatillah

DOI:

https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2640

Abstract

ABSTRAK : Jenis penelitian ini adalah penelitian pra experiment dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 309 orang, sampel 51 orang. Dengan variable penelitian yaitu Hubungan Pengelolaan Kelas sebagai variable bebas dan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran sebagai variable terikat. Selanjutnya data disimpulkan dengan menggunakan metode angket.

Hasil penelitian yang dilakukan peneliti yang dilakukan peneliti dapat disampaikan bahwa Hubungan Pengelolaan kelas terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Pallangga, Kec. Pallangga, Kab.Gowa dapat dikatakan sangatlah berperan dan saling mempengaruhi satu sama lain artinya bahwa pengelolaan kelas sangat berpengaruh dengan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia ini terbukti hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai korelasi = 0,64 lebih besar dari atau 5,831 ≥ 2,021, Maka Ho ditolak artinya ada hubungan yang signifikan antara Pengelolaan Kelas terhadap Keaktifan Belajar Siswa, Ha di terima.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, disimpulkan bahwa pengelolaan kelas sangat berpengaruh artinya bahwa pengelolaan kelas sangat membantu terhadap peningkatan keaktifan siswa . hal ini dibuktikan dengan adanya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran yang sangat baik di SMA Negeri 1 Pallangga, Kec. Pallangga, Kab. Gowa.

 

Kata Kunci : Pengelolaan kelas dan keaktifan siswa dalam pembelajaran

Downloads

Published

2019-10-25