EFEKTIVITAS MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH LIMBUNG KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i3.2638Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, masalah dalam penelitian ini Apakah penggunaan media audio visual efektif didalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa dengan jumlah responden sebanyak 30 orang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah limbung Kabupaten Gowa.
Berdasarkan hasil tes, rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual (8,73) lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa dengan tidak menggunakan media audio visual (7,2) dengan selisih skor 1,71. Dengan demikian, rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar kelompok control. Dalam uji signifikan dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai t-hitung (2,73) lebih tinggi dari pada nilai t-tabel (2,048) atas dasar taraf signifikan sebesar 5%. Hal ini berarti penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran sangat efektif dalam meninggkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disumpulkan bahwa penggunaan media audio visual sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah Limbung Kabupaten Gowa.
Kata kunci : penggunaan media audio visual, hasil belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.