HUBUNGAN DAYA SERAP DENGAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN NO 01 CENTRE PATTALLASSANG KABUPATEN TAKALAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2633Abstract
ABSTRAK : Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan Daya Serap dengan peningkatan prestasi belajar siswa SDN No 01 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model asosiatif. Sampel dari penelitian ini adalah 12 siswa yang diambil dari 3 kelas secara acak. Metode pengumpulan data yaitu melalui angket yang berjumlah 15 butir pertanyaan untuk penggunaan Daya Serap maupun prestasi belajar.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang segnifikan antara penggunaan Daya Serap dengan Prestasi Belajar Siswa. Hasil analisis korelasi menunjukan hasil r hitung 0,635 yang berarti penggunaan Daya Serap sangat berpengaruh secara signifikan dengan Prestasi Belajar siswa SDN No 01 Centre Pattallassang. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien determinan r² sebesar 40,32%. Artinya hubungan penggunaan daya serap dengan peningkatan prestasi belajar siswa memberikan konstribusi sebesar 40,32% dan 59,68% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci: penggunaan daya serap, peningkatan prestasi belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.