PENGARUH KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS. NEGERI REOK KABUPATEN MANGGARAI NUSA TENGGARA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2631Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap hasil belajar siswa MTs. Negeri Reok Reok Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian regresi linier sederhana yang melibatkan dua variabel yaitu Variabel bebas Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan variabel terikat hasil belajar siswa di MTs.Negeri Reok Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket (kuesioner) untuk mengumpulkan data tentang penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dicari nilai dalam rapor siswa. dengan jumlah soal untuk tes angket sebanyak 20 item soal pernyataan. Pengolahan data yang dilakukan penulis dalam hal ini adalah dengan menggunakan statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis inferensial, untuk hasil analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis product moment diperoleh rhitung = 0,0013 lebih besar dari rtabel = 0,312 dan dengan cara regresi linier sederhana diperoleh thitung = 0,008 lebih kecil dari ttabel= 0,320 dengan taraf kesalahan α = 0,05 berarti pengujian signifikan, sehingga H0 ditolak atau H1 diterima.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa “tidak terdapat pengaruh dan hubungan yang signifikan antara penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendikan (KTSP) terhadap Hasil Belajar Siswa MTs. Negari Reok Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur”.
Kata Kunci : Penerapan KTSP dan hasil belajar siswa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.