EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MODEL WEB ENHANCED COURSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK GUNUNG SARI 1 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2629Abstract
ABSTRAK : Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Nonequevalent control Group Design artinya eksperimen dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok control dan kelompok eksperimen kelompok control diberikan perlakuan pembelajaran secara konvensional, sedangkan kelompok eksperimen diberikan perlakuan Pembelajaran dengan sebuah Treatmen. Dengan menerapkan Pembelajaran Blended Learning Model Web Enhanced Course, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi Kelas XI SMK Gunung Sari I Makassar yang berjumlah 30 siswa dengan sampel total sampling.
Hasil analisis data pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel , thitung ( 2,65) dan ttabel (2,048) sehingga disimpulkan t hitung > t tabel , ini membuktikan hipotesis “Pembelajaran Blended Learning Model Web Enhanced Course efektif terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas XI SMK Gunung Sari I Makassar” diterima.
Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Blended learning Model Web Enhanced Course lebih efektif terhadap pencapaian hasil belajar dibandingkan dengan pembelajaran yang bersifat konvensional.
Kata Kunci : Blended Learning Model Web Enhanced Course, Hasil Belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.