PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP KUALITAS HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PANDAWAI
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i2.2628Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap kualitas hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Pandawai.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B sebanyak 22 orang yang terdiri dari 12 Laki-laki dan 10 Perempuan dan IX.C sebanyak 22 orang yang terdiri dari 10 Laki-laki dan 12 Perempuan SMP Negeri 2 Pandawai. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas 2 bagian yaitu wawancara pengambilan data. Wawancara melibatkan semua elemen sekolah dengan 5 poin pertanyaan sedangkan pengambilan data melibatan masing-masing guru mata pelajaran dengan mengambil nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) saat penerapan Kurikulum 2013 dan KTSP. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis tersebut adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa pada saat penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendiikan (KTSP) berada pada kategori sedang yaitu nilai rata-rata 65,20 dengan nilai tertinggi 89,00 dan nilai terendah 37,00. (2) Hasil belajar siswa pada saat penerapan kurikulum 2013 berada pada kategori tinggi yaitu nilai rata-rata 74,07 dengan nilai tertinggi 93,00 dan nilai terendah 48,00. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa penerapan kurikulum 2013 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kualitas hasil belajar siswa (mengalami peningkatan).
Kata kunci: Kurikulum 2013, Kualitas Hasil Belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.