HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN MOTIVASI KERJA GURU DI SD KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i1.2617Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru di SD Inpres Panggentungang Utara Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dengan menggunakan metode angket. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu data yang dikumpulkan berasal dari observasi, angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memberikan interpretasi data terhadap angka indeks korelasi product moment, melalui interpretasi dengan cara sederhana atau secara kasar terhadap rxy . ternyata angka korelasi antara variabel X dan Y tidak bertanda negatif, berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi yang berjalan searah). Dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,872), yang berkisar antara 0,800 – 1,000 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi tinggi atau sangat kuat. Berdasarkan pengujian hipotesa ternyata nilai thit (7,362) lebih besar dari pada ttab (yang besarnya 2,093). Karena thit lebih besar dari ttab maka hipotesa alternative (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Adapun hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru sebesar 76,04%.
Kata Kunci : kepemimpinan Kepala sekolah dengan Motivasi Kerja Guru
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.