PERAN KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KINERJA GURU SDN RAPPOJAWA 71 KEC. TALLO KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v5i1.2611Abstrak
ABSTRAK : Penelitian ini adalah penelitian dengan metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kinerja guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran murid di SDN Rappojawa 71 Kec. Tallo Kota Makassar. Subyek dari penelitian ini adalah semua guru di SDN Rappojawa 71 Kec. Tallo Kota Makassar. Pengumpulan data penelitian ini ditempuh dengan teknik angket dan dokumentasi. Setiap butir angket diberi bobot pilihan jawaban a, bobotnya 4, pilihan jawaban b, bobotnya 3, pilihan jawaban c, bobotnya 2, dan Pilihan jawaban d, bobotnya 1.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan mengenai peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kinerja guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran murid di SDN Rappojawa 71 Kec. Tallo Kota Makassar sangat baik Sesuai dengan nilai skor rata-rata yaitu jumlah skor keseluruhan dari jawaban responden dibagi dengan jumlah responden yaitu diperoleh nilai presentase 5,27%. Berdasarkan uraian diatas berada pada inteval 46-60 berarti sangat baik. maka dibuatkan tabel distribusi frekuensi dan persentase dengan membagi ke dalam 4 kategori dengan skor tertinggi adalah 4 x 15 = 60 dan terendah adalah 1 x 15= 15 sehingga diperoleh interval yaitu 15. Jadi pengkategoriannya yaitu: tidak baik (0-15), kurang baik (16–30), cukup baik (31–45), dan sangat baik (46–60).
Kata Kunci : Peran kepemimpinan kepala sekolah, Disiplin kinerja guru.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.