PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MAKALE SELATAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v13i3.17923Keywords:
Minat, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Minat belajar Bahasa Indonesia merupakan suatu sifat pada diri siswa yang membawa pengaruh terhadap hasil belajar siswa, sebab dengan minat siswa akan termotivasi untuk mempelajari materi Bahasa Indonesia yang diberikan. Sebaiknya , tanpa minat siswa tidak mungkin melakukan sesuatu atau belajar dengan baik. Minat juga juga merupakan bentuk rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas. Siswa yang berminat kepada pelajaran akan tampak termotivasi terus untuk tekun belajar, berbeda dengan siswa yang sikapanya hanya menerima pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan; (2) hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan.
Penenlitian ini mengunakan rancangan ekperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan. Sampel penelitian diambil dari semua anggota populasi atau seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan yang terdiri atas 3 kelas dengan jumlah siswa 71 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes uraian data penelitian diambil dengan menggunakan : (1) instrumen tes hasil belajar berbentuk uraian tes dengan jumlah 6 item; (2) instrumen minat belajar berbentuk angket dengan 25 item. Persyaratan instrument tes meliputi 2 hal yaitu: (1) validitas instrument tes dan (2) reliabilitas instrument tes. Untuk pengolahan data hasil penelitian digunakan SPSS.21 dengan 2 macam bentuk teknik, yaitu teknik Statistic Deskriptif dan teknik Statistik Inferensial. Hasil analisis statistic deskriptif menunjukkan bahwa : (1) minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan termasuk cukup dengan rata-rata 72,48, standar deviasi 5,29 ; (2) hasil belajar Bahasa Indonesia yang diperoleh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan termasuk sedang atau cukup dengan rata-rata 65,46 dan standar deviasi 7,79. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai probabilitas (sig)= 0,000 dan nilai taraf signifikansi α = 0,05, nialai probabilitas(sig) tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai taraf signifikansi α = 0,05. Jika nilai probabilitas (sig) < α, maka ditolak. Ternyata 0,000 < 0,05 dengan demikian ditolak dan diterima, sehingga kesimpulannya “ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan.
Berdasarkan hasil penelitian ini , disarankan : (1) Untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Makale Selatan maka diharapkan guru dapat memotivasi siswa agar minat belajar siswa dapat miningkat karena dengan demikian hasil belajar juga akan meningkat, (2) Disarankan kepada peneliti lain agar dapat mengadakan penelitian lanjutan yang berhubungan dengan variabel yang diteliti dalam penelitian ini agar diperoleh kajian yang lebih baik sehingga diperoleh manfaat peneliti yang lebih memuaskan.
References
Ampanggallo,F 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sopai, Skripsi: UKI TORAJA.
Arikunto.2010.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Dimyanti & Mudjiono 2009.Belajar dan Pembelajaran . Jakarta : Rineka Cipta
Doni, E, Sirait.2016.Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika, (Online),(https://media.neliti.com, diakses 29 Oktober 2019).
Eka, Y 2010. Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Tira Rantetayo, Skipsi: UKI TORAJA.
Khairani, M 2013. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Sardiman.1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarata PT Raja GrafindoPersada
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Syah, m 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Usman & Akbar. 2011. Pengantar Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.