ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 TANA TORAJA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v13i3.17921Keywords:
Kesulitan Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Kesulitan belajar merupakan kesukaran atau kurangnya pemahaman yang dialami siswa dalam mencapai tujuan belajar, yang ditandai dengan adanya hambatan serta penguasaan pengetahuan dan prestasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan apa saja yang dialami siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu minat belajar, 62% subjek yang tidak tertarik belajar Bahasa Indonesia. Pada kecakapan belajar 69% subjek tidak menyimak pelajaran dengan baik saat kegiatan belajar berlangsung. dan cara mengajar guru 52% subjek tidak bertanya ketika guru sedang menjelaskan.
References
Sugiyono (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung :alfabeta, CV.
Fadillah, M. 2014. Implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SD/MTS, dan SMA/MA, Yogyakarta : Ar-Ruzz.
Slqmeto. 2010. Belajar dan Factor-Faktor yang Menpengaruhi Kesulitan Belajar. Jakarta: Rineka cipta.
Nurhana Friantini, Riski dan Winata Rahmat. 2019. Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. (https://www.researchgate.net/publication/339074194_Analisis_Minat_Belajar_pada_Pembelajaran_Matematika). Maret 2019.
Lesmi Juwita Nasation, 2019. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Kurikulum 2013 Kelas IV SD Negeri 101817 Sidodadi Batang Kuis. (Skripsi) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Elviana Pabara (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMPN 1 Tikala. (Skripsi) Universitas Kristen Indonesia Toraja.
Yandri Tanan Paranduk (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bangkelekila’ dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. (Skripsi) Universitas Kristen Indonesia Toraja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.