STRATEGI PROGRAM PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PROFESIONALISME GURU SMK MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU (Studi Deskriptif Program Baitul Arqam)
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v14i1.17910Keywords:
Program Peningkatan Kinerja, Baitul Arqam, Kompetensi GuruAbstract
Penelitian ini membahas strategi program peningkatan kinerja guru dalam profesionalisme guru di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi program Baitul Arqam di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru, dan capaian kegiatan program Baitul Arqam dalam meningkatkan komptensi guru yaitu kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Hasil penelitian ini adalah Program Baitul Arqam dilaksanakan dengan terencana dan matang dengan menentukan beberapa hal penting yaitu jumlah peserta, lokasi kegiatan, tim instruktur yang di mandat, materi yang akan dimasukkan dalam kegiatan, serta agenda selama kegiatan, dan waktu pelaksanaan kegiatan. Program Baitul Arqam memberikan dampak terhadap kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial dan berdasarkan nilai pretes dan postes didapati adanya peningkatan pemahaman peserta didik terhadap materi yang diberikan selama Program Baitul Arqam berlangsung.
References
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan.
Helmi, J. 2015. Kompetensi profesionalisme guru. Al-Ishlah:Jurnal Pendidikan, Volume 7 Nomor 2, (http://www.journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/43, diakses 01 Agustus 2022).
Lailatussaadah, L. 2015. Upaya peningkatan kinerja guru. Intelektualita.
Nasution, W. N. 2017. Strategi pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. Jurnal Madinasika Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 92-102.Said Hasan. 2018. Profesi dan Profesionalisme Guru. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.