Pembentukan Karakter Santri Berbasis Ruhaniah Melalui Metode Ta'lim, Tarbiyah Dan Ta'dib Di Pondok Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v14i1.17552Keywords:
Pendidikan karakter, Taklim, Tarbiyah, Ta’dib, Pondok pesantrenAbstract
Pendidikan karakter bagi siswa menjadi kebutuhan mendesak dalam masyarakat kontemporer, mengingat tuntutan akan individu yang memiliki pengetahuan akademis serta nilai-nilai moral dan perilaku etis. Pendidikan karakter berperan penting dalam membantu siswa mengembangkan rasa tanggung jawab, empati, dan kemampuan membuat keputusan etis. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di Pondok Pesantren Ukhuwatul Islamiyah Gowa. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penyajian data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep pendidikan taklim, tarbiyah, dan ta’dib diimplementasikan melalui kegiatan belajar mengajar. Tarbiyah merujuk pada pendidikan dan pembinaan kepribadian serta akhlak Islami yang mencakup aspek sosial, emosional, dan spiritual. Sementara itu, ta’dib mengacu pada pembinaan perilaku baik dan sopan sesuai dengan ajaran Islam, termasuk pembiasaan terhadap norma-norma etika Islam dalam kehidupan sehari-hari. 2) Konsep pendidikan taklim, tarbiyah, dan ta'dib memiliki urgensi yang signifikan dalam membentuk karakter siswa, yaitu membangun kecintaan dan pemahaman terhadap agama, membentuk kepribadian Islami, mengembangkan etika dan moral, dan membentuk kesadaran spiritual. 3) Dengan mengintegrasikan metode pendidikan karakter berbasis spiritual seperti taklim, tarbiyah, dan ta'dib, siswa dapat menumbuhkan pendekatan holistik untuk pengembangan pribadi yang mencakup pertumbuhan intelektual, emosional, dan spiritual. Oleh karena itu, urgensi pendidikan karakter terletak pada pembentukan individu yang unggul secara akademis dan menunjukkan perilaku etis, kasih sayang, dan rasa tanggung jawab sosial.
References
Afandi, N., Wiguna, A., Tajab, M., & Setiawan, W. (2023). Gratitude: Basic Character in Islamic Education. Istawa : Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 234-252. doi:https://doi.org/10.24269/ijpi.v7i2.5909
Al-Hawary, S. I. S., Kumar, T., Pallathadka, H., Alshahrani, S. H., Al-Tamimi, H. A. N. M., Muda, I., & Singer, N. (2023). The education of children in an Islamic family based on the Holy Qur’an. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 79(2), 8273.
Arifin, M. (2021). Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan video cerita dalam pembentukan karakter siswa yang islami. Action Research Journal, 1(1), 82–87.
Ayub, N. S., Hamzah, M. I., & Abdul Razak, K. (2020). The Practice of Ta’dib Leadership among Islamic Education Teachers. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(3).
AZIZAH, P. (2022). Konsep Ta’dib Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Efendi, A. (2011). Pembelajaran Sastra Profetik Sebagai Media Pengembangan Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2).
Julistiyana, M. U., & Widiastuti, S. (2020). Pengembangan Buku Kisha Anak Sebagai Media Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 438–444.
Kavrayıcı, C., & Kesim, E. (2021). School management during the Covid-19 pandemic: A qualitative study. Educational Administration: Theory and Practice, 27(1), 1005–1060.
Khairunnisa, I. S., Khairusani, M., & Khairusani, M. (2020). Teori T a’Dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Karakter Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4, 566–576.
Khoiruddin, M. A., & Masrukin, A. (2022). Character Education Based On The Qadiriyah Naqsyabandiyah Tharīqah In Islamic Vocational High School. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 8(1), 31–39.
Lestari, D. P. A., Amrullah, M., & Hikmah, K. (2023). Strengthening Religious Character Education of Students Based on School Culture. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 763–775.
Makbuloh, D. (2017). Process, results, and consequences of madrasa accreditation: A case study in Lampung, Indonesia. Advanced Science Letters, 23(2), 948–952.
Mardianto, M., & Syukri, M. (2022). Left-handed-friendly education in Indonesia (perceptions, barriers, and efforts to overcome problems experienced by teachers). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(4), 1018–1028.
Mariana, I., & Putra, P. (2023). Konsep Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2), 163–176.
Masturin, M., Ritonga, M. R., & Amaroh, S. (2022). Tawhid-based green learning in Islamic higher education: An insan kamil character building. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 10(1), 215–252.
Naimah, N. (2018). Islamic Character Education Management in Developing the Empathy Values for Students of State Islamic University of Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dinamika Ilmu, 285–304. https://doi.org/10.21093/di.v18i2.1331
Sanusi, S., Yusuf, R., Maimun, & Bahri, S. (2021). Promoting Character Values At Dayah in Aceh BT - Proceedings of the 1st International Conference on Character Education (ICCE 2020). 51–57. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210204.007
Sholahuddin, M., Abdullah, M. A., Barom, M. N., & Tahir, I. N. (2019). Islamic Business Coaching From the Perspective of Indonesian Coaches. Global Academic Excellence (M) Sdn Bhd (1257579-U) Kelantan Malaysia, 188.
Surawan, S., Syabrina, M., Zakariyas El Bilad, C., & Azmy, A. (2022). Implementation of character education at madrasahs and integrated islamic schools in central kalimantan. Ta’dib, 25(1), 19–26.
Susanti, L., Al Khoiron, M. F., Nurhuda, A., & Al Fajri, M. (2023). The Reality of Tarbiyah, Ta’lim, and Ta’dib in Islamic Education. SUHUF, 35(2), 11–19.
Sutrisno, A., Sugiarto, F., & Fajriyah, F. (2022). Strengthening Student Character through Akidah Akhlak Lessons at Madrasah Diniyah Tarbiyatus Sibyan Pamekasan. Jurnal Kawakib, 3(2), 122–129.
Yasin, M., & Khasbulloh, M. N. (2022). The Elementary School Students’ Thinking on Islamic Moderation: Tracing the Construction of the NU Elementary School’s Curriculum in the Regency of Kediri. Elementary Islamic Teacher Journal, 10(2), 355. https://doi.org/10.21043/elementary.v10i2.16956
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.