PENERAPAN PENDEKATAN OUTDOOR REAL DRAWING PADA MATA KULIAH GAMBAR ARSITEKTUR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ARSITEKTUR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v13i2.17104Keywords:
Outdoor learning, Menggambar Arsitektur, Learning motivation, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini memiliki latar belakang berupa masih kurangnya dasar dasar keahlian (skill) menggambar arsitektur pada mahasiswa arsitektur tingkat pertama, sementara pada tingkat selanjutnya diperlukan kemampuan tersebut. Dengan melalui penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mamahami permasalahan permasalahan inti pada obyek penelitian tersebut dan kemudian mencari strategi untuk mengembangkan skill dan motivasi mahasiswa dalam hal di atas. Dalam prosesnya pembelajaran terbagi menjadi 2 yakni pembelajaran di kelas dan di luar kelas (outdoor learning). Adapun penelitian ini menggunakan metoda mix method yakni menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif, dengan melihat hasil belajar dan persepsi peserta didik dan menganalisisnya guna dapat melakukan refleksi evaluasi dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar yakni menjadi 80% dalam kondisi baik dari hasil pretest awal dimana hanya 15% yang kondisinya baik. Kemudian persepsi mahasiswa yakni pada angka 8,43 pada skala 9 terhadap proses belajar yang telah mereka terima.References
Adila M et all (2021) ,The Contribution of Online Assistance for Student Learning Outcome During Distance Learning to The Technical Drawing Subject at Public Vocational High School 6 (PVHS 6) in Bandung, Journal of Architectural Research and Education, Vol 3 No 2 UPI.
Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(4), 2209–2219.
Ariesandy, K. Trisnadewi. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa.” Wahana Matematika dan Sains 15(1): 1858–0629. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/31695. Bengkulu. Jurnal Pustaka Indonesia (JPI), 2(2), 1–9.
Brierton S., Wilson E., Kistler M., Flowers J., Jones D. (2016). A comparison of higher order thinking skills demonstrated in synchronous and asynchronous online college discussion posts. Nacta Journal, 60(1), 14–21.
Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Daud, R. M. (2020). SISTEM PENDIDIKAN FINLANDIA SUATU ALTERNATIF SISTEM PENDIDIKAN ACEH. In PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN (Vol. 8).
DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN KULON PROG, Jurnal Primaedukasia, UNY
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Easterbrooks, S. R. & Scheets, N. A. (2004). Applying critical thinking skill to character education and values clarification with student who are deaf or hard hearing [Versi elektronik]. American Annals of the Deaf, Vol 149, No. 3, pp.255-263.
Fachrurrazi, A., & Kurniasari, C. (2017). The Influence of Outdoor Learning to Improve Children ’s Creativity. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE-16), 58, 20–26.
Fatturahman Pupuh, dkk, Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung, Refika Aditama, 2013
Hamalik (2015), Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta
Hanafiah, dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika aditama
Hervindo AD, et all (2021) Development of Audio Visual Based Learning Media on Technical Drawing Subjects, 6th UPI International Conference on TVET 2020 (TVET 2020, Atlantis Press, Page 134-138.
Jucker et all (2022), High-Quality Outdoor Learning : Evidence-based Education Outside the Classroom for Children, Teachers and Society, Springer Link Publishing
Lickona, T. (2001). What is good character? [Versi Elektronik]. Reclaiming Chidren and Youth, 239-251. Lickona, T. (2004). Character matters: how to help our children develop good judgment, integrity, and other essential virtues. New York: Touchstone.
Magunayasa (2017), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Kelas V SD, Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA, Universitas Pendidikan Ganesha
Mariyana, R., Nugraha, A., & Rachmawati, Y. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.
Mulyasa. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Prihastari et all (2014), Mengembangkan Outdoor Learning Dalam Perkuliahan Geometri Dan Pengukuran Bagi Calon Guru SD, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3 Nomor 2 Tahun 2023
Rodríguez, et all (2009), Exploring Outdoor Education and Research in Architecture, Discover Journals, Books & Case Studies
Rosdiana AF et all (2020), Student learning motivation on Actionbound application implementation in construction and building utilities subject, IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Vol 830, No 4, IOP Publishing.
Safrida LN (2017), Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Berdasarkan Lesson Study, Jurnal Edukasi UNEJ
Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada
Sitorus, et all (2018), Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Keterampilan Mengajar Guru, JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Vol. 3 No. 2, Juli 2018, Hal. 233-238
Stovika Eva Darmayant, dkk (2014), EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER, Jurnal Prima Edukasia, UNY, Yogyakarta
Sukmaliah, N. E., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2018). METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR KECERDASAN SOSIAL. Jurnal ADHUM, VIII (1), 29– 44
Uno, Hamzah B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Bandung: Bumi Aksara
Wilhelmsson, B. (2012). Teachers ’ Intentions for Outdoor Education : Conceptualizing learning in different domains . Departement of Science and Mathematics Education.
Yamin. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: GP Press
Zelayanti, N., Satria, I., & Eliya, I. (2022). Implementasi Metode Outdoor Study Pada
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2015
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.