Transformasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Olahraga: Tinjauan Sistematic Literature Review dari Perspektif Teori Behavioristik, Kognitif, Konstruktivistik
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i2.14983Keywords:
Kurikulum Merdeka, Transformasi, Behavioristik, Kognitif, KonstruktivitasAbstract
Pendidikan olahraga memainkan peran sentral dalam mengadaptasi kurikulum Merdeka yang telah diperkenalkan di banyak negara.Artikel ini menyajikan sebuah analisis Sistematis Literatur Review (SLR) yang mendalam tentang bagaimana transformasi kurikulum Merdeka mempengaruhi pendidikan olahraga melalui pendekatan teori behavioristik, kognitifistik, dan konstruktivistik. Dengan menggunakan SLR, penelitian ini merangkum temuan dari sejumlah artikel ilmiah dan penelitian terkait untuk memberikanpemahaman komprehensif tentang implikasi praktis dan teoretis dari integrasi teori-teori tersebut dalam konteks pendidikan olahraga.Dalam perspektif behavioristik, fokus utama adalah pada peran stimulus dan respons dalam pembelajaran olahraga. Penelitian inimengidentifikasi strategi pengajaran yang efektif, penguatan positif, dan manajemen kelas yang dapat meningkatkan hasil pembelajaran olahraga. Dari segi kognitif, analisis SLR menyoroti pentingnya pemahaman konsep, pemrosesan informasi, dan pengembangan keterampilan berpikir kritis dalam pengajaran olahraga yang berbasis pada kurikulum Merdeka. Sementara itu,perspektif konstruktivistik menekankan pembelajaran aktif, partisipasi siswa, dan penggunaan pengalaman langsung dalampengembangan pengetahuan dan keterampilan olahraga. Hasil dari tinjauan literatur ini memberikan wawasan yang berharga kepada pendidik, pengelola sekolah, dan pengambil kebijakan tentang cara mengoptimalkan pengalaman belajar dalam konteks kurikulum Merdeka. Implikasi praktis mencakup pengembangan kurikulum yang menggabungkan aspek-aspek behavioristik, kognitif, dankonstruktivistik untuk memfasilitasi pembelajaran olahraga yang holistik dan berbasis pada perkembangan siswa. Dengan merujuk pada berbagai perspektif teoritis ini, pendidikan olahraga dapat lebih efektif mencapai tujuan kurikulum Merdeka, menciptakan siswayang memiliki pemahaman mendalam tentang konsep olahraga dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di era global yangterus berubah.
References
Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.
Darmawati, A., Marwan, M., Suhenrik, P., Ramly, R. A., & Salam, S. (2023). Adaptive Learning in the Independent Curriculum: Integration of Behavioristic, Cognitive and Constructivist Theories in Educational Technology. International Journal of Education, Vocational and Social Science, 2(04), 255-265.
Hadiansyah, R.R., dkk. 2020. Dinamika Perubahan Kurikulum Di Indonesia. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Arah Manajemen Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.
Hakiky, N., Nurjanah, S., & Fauziati, E. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme. Tsaqofah, 3(2), 194-202.
Indrawan, D. (2021). Implikasi Aliran Behavioristik dan Kognitif Terhadap Perkembangan Belajar dan Tingkah Laku dalam Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1581
Insani, F.D. Perkembangan 2019. Sejarah Kurikulum Di Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As- Indonesia Salam I, vol 8 (1).
M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036.
Noer, R. Z., Mustopa, D., Ramly, R. A., Nursalim, M., & Arianto, F. (2023). Landasan Fılosofıs Dan Analısıs Teorı Belajar Dalam Implementası Kurıkulum Merdeka Dı Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1559-1569.
Pratama, I. G., Hanif, M., Ramly, R. A., & Khotimah, D. K. (2023, July). Pengembangan media belajar pjok berbasis aplikasi smart learning di masa pandemi. In SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi Dan Pengembangan Teknologi Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Prianti, D. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8, 238–244.
Raharjo. 2020. Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif, vol 15 (1).
Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.