Evaluasi CSE-UCLA pada Studi Proses Pembelajaran Sosiologi Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v13i1.14292Keywords:
CSE UCLA, Pembelajaran, Standar, Proses.Abstract
Penelitian ini berjudul “Evaluasi CSE-UCLA pada Studi Proses Pembelajaran Sosiologi di SMA 1 Unismuh Makassar” berfokus pada evaluasi proses pembelajaran sosiologi di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) menggunakan metode CSE-UCLA. Metode ini, yang dikembangkan oleh Pusat Studi Evaluasi Universitas California, Los Angeles (UCLA), digunakan untuk mengukur efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Model evaluasi CSE-UCLA adalah alat yang berguna untuk mengevaluasi program pendidikan sosiologi. Model ini dikembangkan oleh Michael Scriven dan Michael Alkin di University of California, Los Angeles (UCLA) dan memiliki lima tahap evaluasi: penilaian sistem, perencanaan program, implementasi, hasil, dan dampak. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana metode ini dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran sosiologi di Indonesia, dan bagaimana hasilnya dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Metode CSE-UCLA (Center for the Study of Evaluation-University of California in Los Angeles) adalah model evaluasi yang dirancang untuk mengukur efektivitas dan efisiensi proses pendidikan. Pendekatan yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dalam disiplin ilmu sosiologi berbasis fenomenologis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi guru, siswa, dan pemangku kebijakan tentang bagaimana meningkatkan proses pembelajaran sosiologi di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sosiologi di SMA 1 Unismuh Makassar mengikuti proses yang standar. Saat menerapkan standar proses menggunakan analisis CSE-UCLA, Anda akan melihat bahwa standar proses diterapkan pada tahap perencanaan, pengembangan, implementasi, hasil, dan dampak. Pembelajaran paling efektif karena didasarkan pada standar dan proses yang ada. Selain itu, banyak faktor yang mempengaruhi penerapan standar proses pada kelas sosiologi SMA Negeri 1 Unismuh Makassar. Adapun faktor pendukung adalah tersedianya fasilitas yang lengkap dalam melakukan proses pembelajaran dan faktor penghambat adalah masih minimnya pengetahuan tentang TPACK dalam mendukung proses pembelajaran.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press. file:///C:/Users/acern/Downloads/Metode Penelitian Kualitatif .pdf
Alfian, A., Rasyid, M. N. A., Habibi, A., Noprival, N., & Yusuf, M. (2022). Classroom assessment practices of EFL lecturers with current curriculum implementation: where policy meets practice. REiLA : Journal of Research and Innovation in Language, 4(3), 320–334. https://doi.org/10.31849/reila.v4i3.11005
Ambiyar, & Dewi, M. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Alfabeta Bandung.
Andriani, S. (2015). Evaluasi Cse-Ucla Pada Studi Proses Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 167–176. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.46
Bagou, D. Y. dan A. S. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 122–130. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93
Iskandar, D. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif: Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya. Maghza Pustaka.
Maswira, Y. (2013). Keterampilan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Di Sman Se-Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Hasil Penelitian Prodi Pendidikan Sosiologi Dan Antropologi, 1(1). https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/sosan/article/view/585
Muhammad Anugrah. (2021). Evaluasi CSE-UCLA Pada Program Pendidikan Pengawas Madrasah Aliyah di Kota Cimahi. Tesis, 1–22541. http://ci.nii.ac.jp/naid/110001808229%5Cnhttp://ci.nii.ac.jp/els/110001808229.pdf?id=ART0001951173&type=pdf&lang=jp&host=cinii&order_no=&ppv_type=0&lang_sw=&no=1324949469&cp=
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar - H. E. Mulyasa - Google Buku (p. 340).
Niviyanti, A. D. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Berbasis Alam Di Paud Alam Ungaran Dengan Metode Center For The Study Of Evaluation-University Of California In Los Angeles (CSE-UCLA). Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 10(1), 1–119. https://lib.unnes.ac.id/35921/
Nasir., & Sukmawati, S. (2023). Analysis of Research Data Quantitative and Qualitative. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 368-373.
Noor, Z. Z. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Petunjuk Praktis untuk Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Deepublish.
Nurkholis, Djubaydi, D., Asmuni, A., & Nurhayati, E. (2023). Internalisasi nilai pendidikan islam pada anak terlantar. Edukasi Islami, 12, 14–20. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4622
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007. (2007). Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007. 235, 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf
Rahma Violla, R. F. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 13–23.
Rajab, S. C. W., Imran, I., Ramadhan, I., Ulfah, M., & Al Hidayah, R. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model Problem Based Learning Kelas XI IPS di MA Mujahidin Pontianak. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2151. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2151-2164.2022
Rasdin, S., Rahma, A. A., Nasir, N., Ayu, S., & Wahyu, M. (2024). Gamfication dalam Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasill Belajar dengan Aplikasi Kahoot Mata Pelajaran Informatika SMA Negeri 14 Maros. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(1), 94-101.
Rasyid, M. N. A. (2012). Learning and teaching English as a foreign language in Indonesian higher education: dreams, realities and prospects. Alauddin University Press.
Rasyid, M. N. A., Alfian, Djamereng, J., & Nurwahida. (2024). English as a Foreign Language English language assessment in Indonesian senior high schools : perceived challenges and prospective solutions. Journal on English as a Foreign LanguageJournal on English as a Foreign Language, 14(1), 1–25.
Rasyid, M. N. A., Orrell, J., & Conway, R. (2016). Enhancing Educational Quality in an Indonesian Islamic University. In J. Orrell & David D. Curtis (Eds.), Publishing Higher Degree Research: Making the Transition from Student to Researcher. Sense Publishers. https://doi.org/10.1007/978-94-6300-672-9
Rusdiana, A. (2017). Manajemen Evaluasi Program Pendidikan. In Cv Pustaka Setia (p. 228). CV Pustaka Setia. https://etheses.uinsgd.ac.id/11646/1/mepp1.pdf
Sidik, F., Rasyid, M. N. A., & Mania, S. (2023). Evaluasi Program Praktik Lapangan Persekolahan dengan Menggunakan Model CSE-UCLA. Irfani: Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 121–130. https://doi.org/https://doi.org/10.30603/ir.v19i2.4120
Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation Theory, Models, & Applications (Second). Jossey-Bass A Wiley Brand.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.