Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Literasi Numerasi
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v13i1.14289Keywords:
Project-Based Learning (PjBL), Merdeka Belajar, Literasi NumerasiAbstract
Kemampuan literasi numerasi penting untuk dikuasai siswa karena sebagai dasar literasi lainnya. Kemampuan literasi numerasi yang baik menentukan kualitas hidup seseorang dimasa depan. Project-Based Learning (PjBL) adalah model yang cocok untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa karena memungkinkan mereka untuk belajar tidak hanya secara teoritis tetapi juga secara praktis dalam situasi kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan Systematic Literatur Review (SLR) tentang penggunaan Model Project-Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini menganalisis dan mengevaluasi artikel penelitian sebelumnya untuk memahami manfaat dan potensi PjBL dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literatur Review (SLR) dengan jumlah populasi sebanyak 50 artikel kemudian terpilih 16 artikel yang sesuai dengan topik melalui tahapan Planning, conducting, dan reporting. Hasil Kajian SLR ini adalah kemampuan literasi numerasi dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) menunjukkan hasil yang positif. Selain itu model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar dan ketarampilan Abad-21.
References
Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2022). E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 120. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42657
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Badriyah, N. L., Anekawati, A., & Azizah, L. F. (2020). Application of PjBL with brain-based STEAM approach to improve learning achievement of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 88–100. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.29884
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Eriza, D. F., & Hadi, M. S. (2023). Efektifitas Project Based Learning (PjBL) Sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika. SUPERMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 106–116.
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(April), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Hakiki, F. N., Pambudi, D. S., & Kurniati, D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2579. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6184
Ilma, Z. A., & Turmudi. (2021). Optimalisasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Project-Based Learning Berbantuan Software Geogebra. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 9(2), 163–180. https://doi.org/10.35706/judika.v9i2.5496
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Isman, M., Sitepu, T., & Rita. (2022). Pengaruh Model Project-Based Learning (PjBL) dengan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Puisi Kelas X SMA. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 252–265. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.13234
Jannah, R. R., Waluya, S. B., Asikin, M., & Zaenuri, Z. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 227–234. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.43
Kainama, L., Salhuteru, J., Rumahuru, O., Unitly, M., & ... (2023). Model-Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 4, 536–550. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/760
Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135–144. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238
Maghfirah, S., Syukri, M., Halim, A., & Arsad, N. Mo. (2023). The Development of Learning Materials PjBL-STEM to Improve Students’ Scientific Literasi Skills. KWANGSAN: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11, 66–82.
Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652–656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478
Oktaya, I., & Panggabean, E. M. (2022). Ketepatan dan Efektivitas Penggunaan Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka Belajar. Journal of Mathematics in Teaching and Learning, 01(1), 10–14.
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Numerical Literacy in Thematic Learning for Upper Grade Elementary School Students. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Putri, Y. A., & Zulyusri. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(2), 1–11. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/bioeduca
Rafik, M., Nurhasanah, A., Febrianti, V. P., & Muhajir, S. N. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 80–85. https://doi.org/10.21009/jpi.051.10
Sakti, I., Nirwana, N., & Swistoro, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Ipa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.35-42
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Simbolon, R., & Koeswanti, H. D. (2020). Comparison of pbl (Project Based Learning) models with pbl (problem based learning) models to determine student learning outcomes and motivation. International Journal of Elementary Education, 4(4), 519–529. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Sirait, J. V., & Amnie, E. (2023). Analysis of Students’ Collaboration Skills through Project-Based Learning Model. Gagasan Pendidikan Indonesia, 4(1), 43. https://doi.org/10.30870/gpi.v4i1.19836
Sumardyono, Priatna, N., & Anggraena, Y. (2016). Model pembelajaran matematika, statistika dan peluang. 204. http://www.slideshare.net/edriszahroini/modul-matematika-smp-kk-c On 20 desember 2016
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.
Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.