Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Filsafat Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i3.13615Keywords:
Kurikulum Merdeka Belajar, Filosofi pendidikan, Tujuan pendidikan, Hakikat ilmu, Peran peserta didikAbstract
Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar (KMB) di Indonesia telah menjadi topik perbincangan di kalangan pendidik dan pengambil kebijakan. KMB merupakan kurikulum baru yang memberikan kebebasan lebih bagi sekolah untuk mengembangkan kurikulumnya sendiri. Pergeseran kebijakan pendidikan ini dipengaruhi oleh sejumlah perspektif filosofis, termasuk progresivisme, konstruktivisme, dan eksistensialisme. Dalam tulisan ini, kami mengkaji implementasi KMB dari perspektif filosofis. Kami berpendapat bahwa KMB selaras dengan prinsip-prinsip progresivisme, konstruktivisme, dan eksistensialisme. Kami juga membahas tantangan dan peluang penerapan KMB di IndonesiaReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayers, W. C. (2004). Teaching toward freedom: Moral commitment and action in the classroom. New York, NY: Teachers College Press.
Ayu, S., & Almukarramah, A. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR. Jurnal Kependidikan Media, 10(3), 177-183.
Dewey, J. (1916). Democracy and education. New York, NY: The Macmillan Company.
Dwipayana, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 1-12..
Freire, P. (1970). Pedagogy of the oppressed. New York, NY: Continuum.
Illich, I. (1971). Deschooling society. New York, NY: Harper & Row.
Irianti, I., & Tahir, I. (2022). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA SOMBA OPU. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 75-81.
Jais, M., & Amri, U. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di SDN 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 795-801.
Kemendikbud Ristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Sebuah Pengantar. Jakarta: Kemendikbud Ristek.
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi. Jakarta: Kemendikbudristek.
Mulyasa, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka: Panduan Lengkap untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mulyasa, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasir, N., Nurindah, N., Rauf, A., Ayu, S., & Hambali, U. (2022). Desain Media Pembelajaran Prakarya Berbasis Smart Apps Creator. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(3), 226-232.
Noddings, N. (2002). Educating for intelligent belief or thoughtfulness. New York, NY: Teachers College Press.
Prasetyo, A. (2022). Filsafat Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 1-12.
Rahmawati, S. (2022). Filsafat Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Humaniora, 10(1), 1-12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.