Pengaruh Penggunaan Quizizz Sebagai Media Evaluasi Hasil belajar Pembelajaran Matematika Kelas X.1 SMA Negeri 6 Maros
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i3.13448Keywords:
Media Pembelajaran, Quizizz, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Quizizz adalah salah satu media yang dapat digunakan siswa untuk melakukan evaluasi hasil belajar yang memiliki fitur interaktif saat menjawal soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Quizizz sebagai media evaluasi hasil belajar pembelajaran Matematika di kelas X.I SMA Negeri 6 Maros. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian One-Group Pretest Posttest Design dan pendekatan Pre-Experimental Design sehingga dilakukan sebanyak 2 (dua) kali tes yaitu pre-test tanpa menggunakan Quizizz (Q1) dan post-test dengan menggunakan Quiziz(Q2). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakanan adalah sampling jenuh sehingga mendapatkan populasi yaitu kelas X.1 SMA Negeri 6 Maros yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan pendekatan analisis statistik deskriptif hasil Pre-Test dan Post-Test siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz pada pembelajaran Matematika di kelas X.1 SMA Negeri 6 Maros berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada hasil Pre-Test sebelum menggunakan Quizizz mendapatkan hasil persentase ketuntasan belajar sebesar 16,7% dan hasil Post-Test setelah dilaksanakan evaluasi menggunakan Quizizz mendapatkan ketuntasan belajar sebesar 41,7% sehingga hasil belajar siswa meningkat sebesar 25%.
References
A.Tiana, A. D. S. Krissandi & M. Sarwi 2021. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(6): 950
Akram, A., Arikah, N., & Pratiwi, R. A. A. (2023). MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN METODE CAR (Classroom Action Research) KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SWASTA MUHAMMADIYAH BUNGORO. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(2), 151-155.
Ayu, S., & Almukarramah, A. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR. Jurnal Kependidikan Media, 10(3), 177-183.
Jais, M., & Amri, U. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis articulate storyline 3 terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di SDN 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 795-801.
Masitoh, Afie. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 4 (1):22
Mawaddah, I. & Fitriani, S. P. 2022. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Man 2 Sinjai. Jurnal Tadris Matematika, 3(1): 11-16
Mulyati, S. dan H. E. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Jurnal Pendidikan Matematika, III, 64
Nurindah, N., Nasir, N., & Hesti, H. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Era New Normal di Program Studi Teknologi Pendidikan. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 773-780.
Rohmatin, M. A. Q. N. (2020). Pengaruh Game Kuis Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas Viii Di Mts Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Uin Sunan Ampel Surabaya.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif fan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunardi, D. (2020). Hubungan Meningkatnya Hasil Belajar Siswa Smp Dengan Penerapan Media Evaluasi Pembelajaran Inovatif Quizizz. January.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar (1st Ed.). Prenadamedia Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.