PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTAIF TIPE SNOWBELL TROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i1.11991Keywords:
Model Pembelajaran, Snowbell TrowingAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Biologi melalui penerapan Penerapan Pembelajaran Snowbell Trowing Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Barru yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Snowbell Trowing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi. Aktifitas siswa diukur dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas dengan nilai rata-rata persentase aktivitas positif 75,34% pada siklus I meningkat menjadi 79,67 pada siklus II atau terjadi peningkatan 15,91%. Hasil belajar Biologi siswa yang diukur dengan rata-rata nilai yang diperoleh dan persentase ketuntasan belajar siswa, yang berdasarkan nilai KKM, yaitu 80. Pada siklus I rata-rata perolehan nilai sebesar 79,77 dan 76,92% siswa tuntas belajar. Pada siklus II rata-rata perolehan nilai meningkat menjadi 84,27 dan 96,15% siswa tuntas belajar. Terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 4,50 dan dan peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 19,23%.References
Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 12(2), 107-116.
Asrori Mohib. 2010. Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing dalam Meningkatkan
Keaktifan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim, M, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press
Irsan, N. (2022). Pemanfaatan Bangunan Kota Tua Makassar Sebagai Sumber Belajar Sejarah
Pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal
Galeri Pendidikan, 2(1), 126-130.
Isnada, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Reinforcement Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Biologi Siswa Smpn 1 Bonggakaradeng Tana Toraja Pada Materi Berbagai Sistem
Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Biotek, 3(2), 85-91.
Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiry Setting Kooperatif Untuk
Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 104-
Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 112-121.
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal
Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp
Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X
Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar
Culture Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).
Salam, S., Suhenrik, P., Marwan, M., & Sekarjati, S. D. (2023). Media Pembelajaran Reka Bentuk
Prasejarah Pada Makam Datuk Sulaiman. Jurnal Kependidikan Media, 12(1), 8-16.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya (ed. Rev). Jakarta: Rineka Cipta
Suhendrik, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil
Belajar Siswa Upt. Sdn Pannara Kota Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada
Upt. Spf Smp Negeri 20 Makassar. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 100-106.
Tapa, A. (2021). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Metode Mind Mapping
Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Wakatobi. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran. Jsakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.