Mengubah Sikap Konservatif Guru Melalui Supervisi Akademik Model Cooperative Profesional Development (CPD)
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i2.11962Keywords:
Model Cooperatif Profesional Development, Sikap KonservatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengubah sikap konservatif guru menjadi guru yang progresif futuristik melalui supervisi akademik. Serta Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan mengelola kegiatan proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah 8 orang guru mata pelajaran di SMP Negeri 29 Satu Atap Malaka Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data Data dalam PTS ini dikumpulkan dengan menggunakan berbagai instrumen penelitian (alat monitoring), seperti: catatan harian, lapangan, lembar observasi; pedoman wawancara; lembar angket/kuesioner, lembar masukan guru (refleksi tindakan); lembar penilaian unjuk kerja, dan hasil belajar siswa. Perubahan sikap konservatif menjadi sikap yang progresif futuristik mampu meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang lebih berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 29 Satu Atap Malaka Kabupaten Maros. Sebelum dilakukan penelitan sikap guru menunjukkan skala sikap yang sangat rendah yaitu: 52,4% dengan rata-rata pemenuhan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 42,50% sedangkan tingkat ketercapaian rata-rata 51,5%. Sedangkan Pada Siklus I Skala Likert mencapai 71,90% dengan rata-rata pemenuhan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 63,50% sedangkan tingkat ketercapaian rata-rata 70,50%. Pada Siklus II Skala sikap memperoleh nilai 78,30% dengan rata-rata pemenuhan perencanaan dan pelaaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 79,0% sedangkan tingkat ketercapaian rata-rata 84,0%.References
Allan. A. Glatthorn. 1987. Cooperative Professional Development. Greenvile: Association for
Supervision and Curriculum Development.
Bafadal, Ibrahim. 1992. Supervisi Pengajaran: Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional
Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Burhanudin,(1994).Analisis administrasi manajemen dan kepemimpinan pendidikan. Jakarta :
Bumi Aksara
E. Mulyasa, (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Gibson, James L., (1996). Organization, behavior, structure and prosess. Organisasi, perilaku,
Struktur dan proses (Terjemahan Nunuk Adiarni). Jakarta Binarupa Aksara
H.A.R. Tilaar,(2004). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 1992. Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum. Bandung: CV.
Mandar Maju.
Hamzah, Yusuf. 2018. Kiat “A”sampai”Z” Mendesain Jitu Penelitian Tindakan Kelas.
Jogyakarta:Al Muflihun Buplishing.
Imron Ali. 1995. Pembinaan Guru Di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.
Irsan, N. (2022). Pemanfaatan Bangunan Kota Tua Makassar Sebagai Sumber Belajar Sejarah Pada
Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal
Galeri Pendidikan, 2(1), 126-130.
Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 112-121.
Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Yang
Berakhlakul Karimah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal
Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Sahertian, Piet. 1994. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.
Sahertian, Piet. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka
Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X
Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar Culture
Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).
Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada
Upt. Spf Smp Negeri 20 Makassar. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 100-106.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.