Mengubah Sikap Konservatif Guru Melalui Supervisi Akademik Model Cooperative Profesional Development (CPD)

Authors

  • Yusuf Yusuf Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Andi Hidayati Universitas Pejuang Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/jkm.v12i2.11962

Keywords:

Model Cooperatif Profesional Development, Sikap Konservatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengubah sikap konservatif guru menjadi guru yang progresif futuristik melalui supervisi akademik. Serta Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan mengelola kegiatan proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah 8 orang guru mata pelajaran di SMP Negeri 29 Satu Atap Malaka Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data Data dalam PTS ini dikumpulkan dengan menggunakan berbagai instrumen penelitian (alat monitoring), seperti: catatan harian, lapangan, lembar observasi; pedoman wawancara; lembar angket/kuesioner, lembar masukan guru (refleksi tindakan); lembar penilaian unjuk kerja, dan hasil belajar siswa. Perubahan sikap konservatif menjadi sikap yang progresif futuristik mampu meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang lebih berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 29 Satu Atap Malaka Kabupaten Maros. Sebelum dilakukan penelitan sikap guru menunjukkan skala sikap yang sangat rendah yaitu: 52,4% dengan rata-rata pemenuhan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 42,50% sedangkan tingkat ketercapaian rata-rata 51,5%. Sedangkan Pada Siklus I Skala Likert mencapai 71,90% dengan rata-rata pemenuhan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 63,50% sedangkan tingkat ketercapaian rata-rata 70,50%. Pada Siklus II Skala sikap memperoleh nilai 78,30% dengan rata-rata pemenuhan perencanaan dan pelaaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 79,0% sedangkan tingkat ketercapaian rata-rata 84,0%.

References

Allan. A. Glatthorn. 1987. Cooperative Professional Development. Greenvile: Association for

Supervision and Curriculum Development.

Bafadal, Ibrahim. 1992. Supervisi Pengajaran: Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional

Guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Burhanudin,(1994).Analisis administrasi manajemen dan kepemimpinan pendidikan. Jakarta :

Bumi Aksara

E. Mulyasa, (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Gibson, James L., (1996). Organization, behavior, structure and prosess. Organisasi, perilaku,

Struktur dan proses (Terjemahan Nunuk Adiarni). Jakarta Binarupa Aksara

H.A.R. Tilaar,(2004). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 1992. Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum. Bandung: CV.

Mandar Maju.

Hamzah, Yusuf. 2018. Kiat “A”sampai”Z” Mendesain Jitu Penelitian Tindakan Kelas.

Jogyakarta:Al Muflihun Buplishing.

Imron Ali. 1995. Pembinaan Guru Di Indonesia. Malang: Pustaka Jaya.

Irsan, N. (2022). Pemanfaatan Bangunan Kota Tua Makassar Sebagai Sumber Belajar Sejarah Pada

Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal

Galeri Pendidikan, 2(1), 126-130.

Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 112-121.

Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Yang

Berakhlakul Karimah. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.

Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal

Kependidikan Media, 11(3), 107-119.

Sahertian, Piet. 1994. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset.

Sahertian, Piet. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka

Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X

Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar Culture

Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).

Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada

Upt. Spf Smp Negeri 20 Makassar. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 100-106.

Downloads

Published

2023-06-12