PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i2.11943Keywords:
Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Hasil BelajarAbstract
Demi mencapai hasil belajar yang memuaskan dengan sistem pendidikan yang semakin maju dan didukung dengan perkembangan teknologi di era revolusi industry 4.0 menjadi fokus utama dalam penelitian ini dalam penggunaan multimedia pembelajaran interaktif bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental desain. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 20 siswa dengan cara sampling nonprobalitas pertimbangan dengan jenis sampling purposive dimana peneliti memilih satu kelas untuk dijadikan sampel. Teknik analisis data yang digunakan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif dan inferensial menggunakan uji t dengan bantuan software SPSS 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memudahkan siswa untuk memahami materi dengan perolehan skor rerata 33,20 pada post-test yang dapat dikategorikan sangat tinggi jika dibandingkan dengan perolehan skor rerata 20,95 pada pre-test termasuk dalam kategori sedang. Dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap penggunaan multimedia pembelajaran interaktif di SMP Negeri 5 Makassar.
References
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power Point Learning Media On Ict Learning Outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Nasir, N., Akram, A., Ayu, S., Hambali, U., & Ikbar, I. (2022). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Guru Di Desa Balibo Kecamatan Kindang. Patikala: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 469-473.
Nur, D., Sihaloho, M., & Bialangi, N. (2014). Identifikasi Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Persamaan Reaksi dan Perhitungan Kimia Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jambura Journal of Educational Chemistry, 11(1), 50-56.
Ramly, R. A. (2021). Penerapan Komunitas Belajar Melalui Aplikasi Whatsapp Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 147-159.
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.