Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i2.11935Keywords:
Pembelajaran Koperatif, Make A MatchAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas VII A. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi dan tehnik analisis data adalah berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian aktivitas pendidik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan proses pemelajaran pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 66% dan dipertemuan kedua sebesar 70%. Dan pada siklus II pada pertemuan pertama dengan peningkatan mencapai 81% dan peningkatan terbesar berada dipertemuan kedua dengan mencapai 89%. Hasil aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada siklus I pada pertemuan pertama sebesar 52% dan pada pertemuan kedua sebesar 69,60% dengan nilai rata-rata 60,80% pada siklus II pada pertemuan pertama sebesar 79,80% dan pertemuan kedua dengan peningkatan sebesar 84,20% dengan nilai rata-rata 82%. Hasil belajar siswa pada tema Perumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara Kelas VII A SMP Mihammadiyah 13 Makassar pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 dan 13 siswa belum tuntas dengan presentase 55,17% dengan nilai rata-rata sebesar 70,58%. Dan pada siklus II menunjukkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 dan 7 siswa belum tuntas dengan presentase 78,12% dengan rata-rata nilai sebesar 77,87%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan pehaman, kreatifitas, serta hasil belajar siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 13 Makassar.
References
Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Al Arifin, A. H. (2012). Implementasi Pendidikan Multikulutral dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1(1)..
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power Point Learning Media On Ict Learning Outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Dimyati & Mudhiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dp, A. A., & Tapa, A. (2022). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peta Pikiran Bagi Siswa Kelas Iv Sd Angkasa I Mandai. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 106-111.
Eveline Siregar & Hartini Nara. (2011). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-RUZZ media.
Gora, Winastwan dan Sunarto. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. (2005). Jakarta: Bumi Askara
Indonesia, P. M. P. N. R. (2015). Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Isnada, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Reinforcement Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Smpn 1 Bonggakaradeng Tana Toraja Pada Materi Berbagai Sistem Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Biotek, 3(2), 85-91.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Konseptual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Miftahul Huda. (2014). Cooperatife Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhibbin Syah. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Grafindo Persada.
Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 112-121.
Nur dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. UNESA UNVERSITAS PRESS.
Permendikbud, T. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas. Madrasah Aliyah.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan bahan ajar tematik. Yogyakarta: DIVA Press.
Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1-14.
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Rosmiati, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Aktif Yang Menggunakan Kartu Sortir (Card-Sort) Di Sman 12 Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar Culture Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakart: Ar-Ruzz Media.
Sugandi, Ahmad, 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.
Suhendrik, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Upt. Sdn Pannara Kota Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Tapa, A. (2021). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Wakatobi. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Tarmizi. Wordpress. Com/2008/12/03/pembelajaran kooperatif “Make a Match”.
Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Widodo, Rahmat, 2010. Model Pembelajaran Make a Match (Lorna Curran, 199).
Zainal Arifin. (2016). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.