TIPE PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i2.11934Keywords:
Model pembelajaran aktif, Hasil BelajarAbstract
Lemahnya penelitian ini adalah lemahnya keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMAN 12 Makassar disebabkan karena selama ini Model pembelajaran yang sering dipakai masih menggunkan metode klasikal (ceramah). Hal ini berdampak pada keengganan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga menimbulkan lemahnya keaktifan dan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Pembelajaran Aktif untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran Biologi di SMAN 12 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dan peneliti, dan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 12 Makassar yang berjumlah 37 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi keaktifan, dokumentasi, catatan tes lapangan dan hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terperinci. Penerapan tipe pembelajaran aktif di SMAN 12 Makassar dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 29,72% dan meningkat secara signifikan menjadi 100%.
References
Ahmad Fachrurrozi azis, Pembelajaran Bahasa Asing, (Jakarta,2010:204).
Basyiruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, (Jakarta:Ciputat: Pers, 2002:26).
Dwi Siswoyo, Suryati Sidharto, T. Sulistyono, Achmad Dardiri, L.Hendrowibowo, Dan Arif Rohman.(2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta:Uny Press.
Hamzah B. Uno, Belajar Dengan Pendekatan Pailkem : Pembelajran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011:75).
Harianto, Pembelajaran Aktif Teori Dan Asemen, (Bandung, 2012:20).
Hartono, “Strategi Pembelajaran Aktive Learning (Suatu Strategi Pembelajaran Berbasi-,Student-Centred).Http://Stidalqalam.Wordpress.Com/2008/01/09/Strategi-Pembelajaran-Active-Learning/. Pada Google.Com Di Akses Pada Tanggal 7 Juli 2009.
Hisyam Zaini, Dkk. Strategi Pembelajran Aktif, (Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 20068:14).
Irsan, N. (2022). Pemanfaatan Bangunan Kota Tua Makassar Sebagai Sumber Belajar Sejarah Pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 126-130.
Isnada, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Reinforcement Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Smpn 1 Bonggakaradeng Tana Toraja Pada Materi Berbagai Sistem Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Biotek, 3(2), 85-91.
Isnada, I., & Masding, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Pendekatan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 12 Makassar. Celebes Biodiversitas: Jurnal Sains Dan Pendidikan Biologi, 4(1), 17-24.
Machmudah U. Dan Rosyidi, A.W. Active Learning Dalam Pembelajaran, (Yogyakarta,2008:71).
Munadi Yudhi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. (Jakarta:2008)
Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Inkuiry Setting Kooperatif Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 104-115.
Mustamin, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 112-121.
Nana Shaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung,Remaja Rosdakarya:2010).
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung:2005).
Paul Ginnis. (2008). Trik Dan Taktik Mengajar Strategi Meningkatkan
Pencapaian Pengajaran Di Kelas. Jakarta: Pt. Indeks
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Rosmiati, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Aktif Yang Menggunakan Kartu Sortir (Card-Sort) Di Sman 12 Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Rosmiati, E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Scramble Kelas X Sma Negeri 12 Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 3(1), 31-43.
Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar Culture Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).
Sillberman Melvin L, Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif, (Yogyakarta,2009:2).
Sillberman Melvin L, Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif, 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Bandung:2012).
Suhendrik, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Upt. Sdn Pannara Kota Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek, (Jakarta, Prestasi Pustaka, 2007:155).
Uno, Hamzah B Dan Nurdin Mohamad, Belajar Dengan Pendekatan Pailkem, (Jakarta:2012:77).
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pemilihan, (Jakarta,2012:9).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.