MEDIA PEMBELAJARAN REKA BENTUK PRASEJARAH PADA MAKAM DATUK SULAIMAN
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i1.11928Keywords:
Media pembelajaran Reka Bentuk, Prasejarah, Makam Datuk SulaimanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara jelas tentang bentuk dan makna pada makam ulama “Datuk Sulaiman” yang terletak di Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. “Studi Bentuk dan Makna Makam “Datuk Sulaiman” di Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara” menggunakan jenis penelitian penelitian sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap fakta, keadaan, fenomena, bentuk, makna, dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Subjek dalam penelitian ini adalah Bentuk dan Makna Makam “Datuk Sulaiman” di Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi (foto) dikumpulkan lalu diadakan kategorisasi data dengan merangkum informasi yang dianggap penting, kemudian disusun menjadi bagian- bagian untuk diperiksa kebenarannya dan selanjutnya diadakan penafsiran data. Teknik analisis data dilakukan melalui teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini dapat memberikan gambaran yang jelas, benar, dan lengkap, tentang keadaan pada makam Datuk Sulaiman di Desa Pattimang Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Makam Datuk Sulaiman merupakan peninggalan sejarah yang bernilai historis tinggi dan termasuk salah satu cagar budaya Luwu dengan latar belakang masuknya Agama Islam terutama di daerah Pattimang kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara.References
Andry, Z., & Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru Pada Upt. Sma Negeri 19 Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 29-37.
Arizaldy, R., & Alfadil, M. T. (2021). The Influence Of The Application Of Power Point Learning Media On Ict Learning Outcomes. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Badan Pusat Statistik Kecamatan Malngke dalam Angka Tahun 2020. Luwu Utara: BPS, 2020.
Boland, B. J. 1985. Pergumulan Islam di Indonesia. Jakarta: Grafiti
Dahlan Abdul Aziz. 1997. Ensiklopedi Hukum Islam, Jilid II, Jakarta: Ichtiar Baru Fan Hoeve
Dahlan, Ahmad. 2016. “Variabel Penelitian”. Dikutip dari http://www.eurekapendidikan.com/2015/09/pengertian-dan-jenis-jenis-variabel-penelitian-evaluasi.
Irawan Deddy. 2017. Paradigma Pendidikan Seni. Yogyakarta: Thafa Media
Irsan, N. (2022). Pemanfaatan Bangunan Kota Tua Makassar Sebagai Sumber Belajar Sejarah Pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar. Jurnal Galeri Pendidikan, 2(1), 126-130.
Isnada, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Reinforcement Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Smpn 1 Bonggakaradeng Tana Toraja Pada Materi Berbagai Sistem Dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Biotek, 3(2), 85-91.
Kaplan David. 2000. Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar (IKAPI)
Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya
Kuntowijoyo. 2013. Pengantar ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya
Liliweri Alo. 2011. Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
M. Akil, S. 2008.“Luwu Dimensi Sejarah, Budaya, dan Kepercayaan”: IKAPI.
Moh. Fadillah Ali, 2000. “Kedatuan Luwu Perspektif Arkeologi, Sejarah dan Antropologi”.Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin.
Nuraeni gustini. 2012. “Studi Budaya Indonesia”. Bandung: CV Pustaka Setia.
Peurseun Van. 1988. Strategi Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius (IKAPI)
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Ramly, R. A., & Ilham, I. (2022). Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Campalagian Polewali Mandar. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 65-74.
Reality, tim. 2008. Kamus Terbaru Bahasa Indonesia. Surabaya: REALITY PUBLISHER
Rohendi Rohidi, Tjetjep. 2011. Metode Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Salam, S. (2018). The Role Of History Teachers In Instilling A Sense Of Nationalism In The Class X Students At Sma Negeri 15 Gowa. In Seminar Proceeding Of International Seminar Culture Change And Sustainable Development In Multidisciplinary Approach (P. 133).
Subiantoro, Benny. 2016. Seni Budaya. Makassar. (Tidak dipublikasikan)
Suhendrik, P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Upt. Sdn Pannara Kota Makassar. Jurnal Galeri Pendidikan, 1(01).
Suhendrik, P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Upt. Spf Smp Negeri 20 Makassar. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 100-106.
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persad
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.