HUBUNGAN ANTARA IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkm.v12i1.11926Keywords:
Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar SiswaAbstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara impleentasi kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah II Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara implementasi kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah II Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X sampai kelas XII sebanyak 104 0rang dengan jumlah sampel sebanyak 50. Hasil penelitian menunjukan bahwa rxy = 0,1 dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,1), yang kurang dari 0,200 berarti korelasi negative antara variabel X dan variabel Y tidak termasuk korelasi signifikan. maka hipotesa alternative (Ha) ditolak dan nilai nihil (Ho) diterima. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara implementasi kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa SMA Muhammadiyah 2 Makassar.References
Anwar, Qomari. 2002. Reorientasi Pendidikan Dan Profesi Keguruan. Jakarta: Uhamka Press.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu tindakan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayu, S., & Almukarramah, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar. Jurnal Kependidikan Media, 10(3), 177-183.
Daradjat, Zakiah. 2005. Kepribadian Guru . Jakarta: Bulan Bintang.
Darmadi, hamid. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Konsep Dasar dan Impelemntasi. Pontianak: Alfabeta
Khalid A Harras. dkk. 2005. Peta Kompetensi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta.
Khotimah, H., Nawir, M., & Ayu, S. (2023). The effect of android-based learning using smart apps creator (SAC) on students' integrated science interest. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 17(1), 71-82.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E, 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ramly, R. A., & Ayu, S. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 107-119.
Roqib, Moh. dan Nurfuadi, 2009. Kepribadian Guru: Upaya mengembangkan kepribadian guru yang sehat di masa depan. Yogyakarta: Grafindo Utera Media.
Sedarmayanti. 2006. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.
Sudrajat.Kompetensi Kepribadian Guru.2007.www.pikiran rakyat.com
Sukardi,. 2003. Metode Penelitian Pendidikan kompetensi dan praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Tiro, M. A. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Makassar : Andira Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.